Date:September 19, 2020

KKP Gorontalo Gratiskan Rapid Test Bagi Penumpang Kapal dan Pesawat

Rapid Test Penumpang

READ.ID – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas III Gorontalo menggratiskan pemeriksaan rapid test bagi penumpang kapal dan pesawat.

Kebijakan itu berdasarkan dalam surat edaran nomor SR.o3.04/3/4884/2020 tertanggal 19 Agustus 2020 yang ditandatangani langsung oleh kepala kantor Kesehatan Pelabuhan kelas III Gorontalo, Nurhayati Lahay.

Dalam surat itu tertulis, “Sehubungan dengan ketersediaan alat Rapid Test sebanyak 25 ribu buah pada KKP kelas III Gorontalo, dengan ini kami sampaikan bahwa KKP kelas III Gorontalo akan melakukan pemeriksaan rapid test secara gratis terhadap penumpang atau pelaku perjalanan laut dan udara dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Tempat Pelayanan Rapid Test gratis

a. Wilayah pelabuhan laut Kwandang, Anggrek, Tilamuta dan Paguat yang bertempat di masing-masing pelabuhan.

b. Wilayah pelabuhan laut Gorontalo bertempat di kantor kesehatan pelabuhan, pos pelabuhan Gorontalo yan beralamat di jalan Mayor Dullah, Kelurahan Talumolo, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo.

c. Wilayah bandar udara Djalaluddin Gorontalo bertempat di kantor induk kantor kesehatan pelabuhan kelas III Gorontalo yang beralamat di jalan Trans Sulawesi, Desa Tolotio, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo.

2. Waktu Pelayanan

a. Pelayanan dimulai pada hari Rabu tanggal 26 Agustus 2020

b. Pelayanan dari Senin sampai Kamis pukul 08.30 – 12.00 Wita

c. Pelayanan pada hari Jumat pukul 08.30 – 11.30 Wita

3. Pelaku perjalanan wajib menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau identitas lainnya

4. Pelaku perjalanan wajib menunjukan tiket perjalanan baik udara dan laut

5. Setiap hari hanya melayani sebanyak 60 orang pelaku perjalanan sesuai dengan jadwal keberangkatan pesawat dan kapal laut.

Pemberitahuan pelaksanaan rapid test gratis ini diharapkan menjadi perhatian masyarakat.

(RL/Read/KKP)