Date:October 30, 2020

Dihadapan Mendes, Rektor Tegaskan Komitmen UNG dalam Pembangunan Desa

UNG Pembangunan Desa

READ.ID – Dihadapan Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar, Rektor Eduart Wolok menegaskan komitmen Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dalam rangka memajukan pembangunan desa.

Komitmen UNG tersebut disampaikan langsung oleh Rektor UNG dihadapan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Mendes PDTT) disela-sela sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2021.

Menurut Rektor UNG tersebut, pihaknya memiliki komitmen besar dalam upaya kemajuan Indonesia melalui pembangunan Desa.

“Pak Menteri, hari ini UNG secara tegas menyatakan komitmennya dalam penguatan Organisasi Desa baik itu di Provinsi Gorontalo maupun dikawasan Teluk Tomini,” ungkap Rektor.

Eduart menjelaskan komitmen UNG mendukung penguatan organisasi desa diwujudkan melalui pembimbingan dan pembinaan dalam hal peningkatan kapasitas dan kapabilitas organisasi desa.

Hal itu juga sejalan dengan program UNG sebagai Kampus Kerakyatan, dengan membangun ekosistem akademik yang berbasis pada kawasan perdesaan.

Salah satu wujud komitmen dalam hal alokasi anggaran, UNG telah melaksanakan pelatihan bagi para kepala desa di Gorontalo.

“Termasuk dalam penyusunan RPJMD dan juga memberikan sosialisasi terkait sistem informasi yang bisa digunakan untuk mengefisienkan mengefektifkan penggunaan dana desa,” jelasnya.

Rektor mengharapkan dengan begitu besarnya komitmen UNG dalam mendukung upaya pemerintah dalam pengembangan desa, Kemendes PDTT dapat memberikan support agar program UNG dapat terwujud secara maksimal.

“Dengan di-launchingnya 2 desa binaan UNG sebagai pilot project program Kemendes PDTT menjadi pemicu sekaligus pemacu bagi UNG agar bisa terus fokus dalam pengembangan desa ke depan dengan lebih seksama,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor menyampaikan UNG sebagai bagian dari Kawasan Timur Indonesia siap mensupport program Kementerian Desa PDTT untuk memajukan desa.

“Dari UNG untuk desa, dari desa untuk Indonesia menjadi slogan komitmen kami mendukung kemajuan Indonesia melalui kemajuan desa,” pungkasnya.

(RL/Read)