Date:September 21, 2020

Waspada Akun Palsu atas nama Gubernur Gorontalo Rusli Habibie

Akun Palsu Rusli Habibie

READ.ID – Masyarakat diminta waspada beredarnya sebuah akun Facebook (FB) palsu yang mengatasnamakan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Akun palsu atas nama Rusli Habibie tersebut tampak melakukan obrolan melalui aplikasi Facebook Messenger terhadap sejumlah calon korban.

Dimana yang bersangkutan meminta nomor handphone atau WA kontak pertemanan dengan calon korban.

Dalam postingan akun itu menggunakan foto sampul Rusli Habibie yang berfoto bersama dengan Indra Yasin saat masih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo Utara pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan tanggal yang tertera dalam foto 17/8/2009.

Terkait beredarnya akun palsu Gubernur Gorontalo Rusli Habibie tersebut Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Gorontalo, Masran Rauf, mengatakan bahwa akun tersebut jelas palsu.

Masran menjelaskan, modus yang dilakukan dengan cara meminta pertemanan kemudian mengirimkan pesan singkat dengan meminta nomor handphone atau WA, kemudian yang bersangkutan meminta kode verifikasi.

“Oknum itu mengaku sebagai bapak Rusli Habibie kemudian meminta nomor kontak dengan alasan hp-nya rusak dan nomor kontaknya telah hilang,” jelas Masran.

Masran menambahkan, ulah oknum yang tidak bertanggung jawab sangat meresahkan masyarakat. Pasalnya dalam obrolan lanjutan, oknum tersebut meminta kode verifikasi WA.

“Saat ini pihak Kepolisian sudah mengetahui identitas pembuat akun palsu tersebut dan sementara dilakukan pengejaran oleh tim Cyber Crime Kepolisian,” tandas Masran. (Adv/RL/Read)