Date:August 12, 2020

Walikota Blitar: Tingkatkan Kepedulian Sosial Lewat Berkurban

Walikota Blitar

READ.ID – Walikota Blitar Santoso mengatakan, hari Raya Idul Adha menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian sosial lewat berkurban.

Santoso menegaskan, hari Raya Idul Adha 1441 H yang jatuh pada tahun ini terasa begitu istimewa karena dalam masa pandemi yang tengah berlangsung ini semua umat dapat mengambil hikmah pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang tetap menunjukkan ketaatan dan keikhlasan terhadap perintah Allah SWT.

Pengorbanan yang dilakukan Nabi Ibrahim bermakna universal bagi seluruh umat manusia dan menjadi suri teladan yang bermanfaat bagi kehidupan kita.

“Kita sebagai umat manusia, harus bisa memetik hikmahnya, salah satu diantaranya, bagaimana kepasrahan kita kepada Allah SWT. Meneladani apa yang sudah dicontohkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail,” ujar Santoso ketika ditemui awak media selepas melaksanakan sholat Idul Adha dan menyerahkan hewan kurban di Masjid Agung Kota Blitar, Jumat (31/07/2020).

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar mengatakan, bahwa melalui Qurban kita dapat meningkatkan rasa jiwa sosial kepada sesama, terutama kepada saudara sesama umat.

“Inilah saatnya kita untuk memberikan suri tauladan bagi sesama. Implementasi dan apresiasi terhadap ajaran yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ini adalah untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan jiwa sosial kita akan semakin dalam,” lanjut Santoso.

Selanjutnya dalam keterkaitan dengan kondisi pandemi Covid-19 ini, Santoso mengajak warga Kota Blitar untuk tetap menjaga protokol kesehatan, baik pada saat penyembelihan maupun pendistribusian daging qurban dalam peringatan Idul Adha tahun ini yang masih dalam nuansa pandemi Covid-19.

Ia menegaskan agar warga tetap disiplin menjaga perilaku hidup sehat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari.

“Kalau kita melakukan tiga hal yang dihimbau oleh pemerintah yakni, membiasakan cuci tangan pakai sabun, selalu memakai masker dan menjaga jarak. Ketiga hal tersebut jika kita tetap konsisten melakukannya, Insya Allah bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Walikota Santoso mewakili Pemerintah Kota Blitar secara simbolis menyerahkan hewan kurban berupa 1 ekor sapi, 53 ekor kambing, yang akan didistribusikan keseluruh masjid dan musholla di Kota Blitar.

(Eva/RL/Read)