Date:October 21, 2020

Wakil Gubernur Apresiasi kejuaraan pencak Silat yang digelar di UMGo

READ.ID – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengapresiasi langkah Rektor UMGo yang menggelar kejuaraan pencak silat sebagai sarana untuk mengevaluasi program masing-masing tim pencak silat.

Hal ini disampaikan Idris Rahim saat membuka Kejuaraan Pencak Silat Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo) Cup di gedung David Bobihoe Akib, Kampus UMGo, Senin (9/9/2019).

“Pencak silat adalah salah satu cabang olahraga bela diri yang merupakan warisan budaya bangsa Indonesia. Oleh karena itu kejuaraan ini selain bertujuan untuk mencari atlet yang memiliki potensi, juga sekaligus sebagai upaya untuk melestarikan silat sebagai budaya bangsa,” kata Wagub Idris Rahim.

Menurutnya potensi pencak silat di Provinsi Gorotalo cukup besar. Berdasarkan data dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Gorontalo, jumlah pesilat di Gorontalo mencapai 10.000 orang.

“Jumlah pesilat yang cukup banyak itu harus didukung oleh sarana prasarana yang memadai, pembinaan yang kontinu, serta dukungan dari semua pihak untuk pendanaan pencak silat,” imbuhnya.

Idris berharap melalui kejuaraan pencak silat Rektor UMGo Cup akan lahir pesilat yang bisa berprestasi di tingkat nasional bahkan hingga internasional.