Date:November 24, 2020

Wagub Gorontalo Ajak LSM Awasi Kinerja Pemerintah

LSM Awasi Pemerintah

READ.ID – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim ajak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) turut mengawasi kinerja pemerintah. Hal itu disampaikannya usai melantik pengurus Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerhana Provinsi Gorontalo periode 2020-2025 di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo, Rabu (11/3).

“Yang terpenting dari pelantikan ini adalah program kerja serta rencana aksi yang akan menjadi acuan dan dasar dalam mencapai tujuan LSM Gerhana,” kata Wagub Idris Rahim dalam sambutannya.

Idris menyebutkan tiga komponen yang memiliki peran yang sangat strategis dalam pelaksanaan pembangunan, yaitu pemerintah, akademisi, dan masyarakat. Menurutnya, LSM sebagai perwakilan masyarakat memiliki fungsi kontrol atau pengawasan terhadap pelaksanaan roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan.

“Ketiga komponen itu harus bersinergi karena tujuannya sama yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bukan sebaliknya, saling mengganggu satu dengan yang lainnya,” ujarnya.

Oleh karena itu Wagub Gorontalo dua periode tersebut berharap, baik LSM Gerhana maupun LSM lainnya yang ada di Provinsi Gorontalo senantiasa dapat memberikan kritik dan masukan yang konstruktif guna tercapainya visi Pemprov Gorontalo yaitu terwujudnya masyarakat Gorontalo yang unggul, maju dan sejahtera.

“Pemerintah tidak mungkin bekerja sendiri. Butuh peran masyarakat salah satunya melalui LSM dengan saran dan masukan yang konstruktif untuk kemajuan Gorontalo,” ucap Wagub Idris Rahim.

Sementara itu Ketua LSM Gerhana periode 2020-2025, Djaber Tangoi, dalam sambutannya pada kesempatan itu menegaskan bahwa LSM yang dipimpinnya akan selalu memperjuangkan aspirasi masyarakat Provinsi Gorontalo.

Djaber juga mengutarakan tekadnya untuk sepenuhnya mendukung program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

“Saya berjanji untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya, tanpa pamrih untuk kepentingan masyarakat bukan untuk kepentingan pribadi dan golongan,” tandas Ketua LSM Gerhana, Djaber Tangoi. (Adv/RL/Read)