Date:October 22, 2020

Wagub Emil: Tol Malang-Blitar Masih Dikaji Geometri Jalannya

Jalan Tol

READ.ID – Wakil Gubenur (Wagub) Jawa Timur, Emil Dardak mengatakan, rencana pembangunan jalan Tol Malang-Blitar sampai saat ini masih tahap kajian geometri jalan.

Namun, kata Emil, rencana pembangunan jalan tol tersebut lagi didorong agar masuk dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2019, termasuk jalur lintas selatan (JLS).

“Selain JLS, Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Kawasan Bromo Tengger, Semeru, serta Kawasan Selingkar Wilis, mendapat prioritas dari Presiden,” papar Emil, kepada read.id, di kantor Wali Kota Blitar, Jalan Merdeka, Kota Blitar, Jumat (18/9/2020).

“Dan study geometri jalan ini masih disiapkan oleh pemerintah pusat. Walupun begitu kita harus menyadari bahwa kami dari pemerintah provinsi, pemerintah kota maupun kabupaten, juga harus mengantisipasi kondisi ekonomi yang berpengaruh pada prioritas dan ketersedian fiskal,” Sambung Emil.

Lebih lanjut, Emil menjelaskan bahwa proses perencanaan masih tetap berlangsung, karena pihaknya telah menyertakan konektifitas Blitar-Malang ini salah satu prioritas. Baik yang melalui JLS, yang menjadi namber one priority (red,prioritas nomer satu), maupun juga jalan yang melalui waduk Karangkates.

“Itu geometrinya diperbaiki,” pungkas Emil mengakhiri lawatannya di Blitar.

(zun/RL/Read)