Date:September 25, 2020

UNG Bina Kelompok UKM di Batudaa Manfaatkan Eceng Gondok

READ.IDUniversitas Negeri Gorontalo (UNG) melalui tim Program Pengembangan Desa Mitra (PDDM) membina dua kelompok Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Desa Iluta, Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo untuk memanfaatkan tanaman gulma eceng gondok sehingga dapat menghasilkan keuntungan ekonomi.

Ketua tim pelaksana PPDM, Tineke Wolok, mengatakan bahwa Desa Iluta adalah salah wilayah di pesisir danau Limboto yang harus diintervensi melalui program dalam rangka mengurangi pendangkalan danau akibat eceng gondok.

“Salah satu upaya untuk mengurangi pendangkalan danau Limboto ialah memanfaatkan potensi eceng gondok, dengan memberdayakan ekonomi masyarakat melalui penguatan kapasitas manajemen usaha kerajinan ragam anyaman enceng gondok,” ujar Tineke.

Menurutnya, dalam kegiatan produksi kerajinan dari eceng gondok tersebut dilakukan sesuai standarisasi ragam produk, penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dan proses produksinya disesuaikan dengan permintaan pasar.

“Proses produksi sesuai dengan permintaan pasar di tiap kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo, yang menjadi pusat market produk. Hasil produk UKM juga diberikan sentuhan inovasi dan kombinasi eceng gondok dengan motif lain, berupa bahan kayu rotan, papan dan sebagainya,” kata Tineke.

Ia menambahkan, pelaksanaan program PPDM Desa Iluta ini dilaksanakan selama tiga tahun, dan 2020 telah memasuki tahun kedua pelaksanaan program tersebut.

“Rencananya tahun berikutnya akan difokuskan pada inovasi dan pengembangan produk sesuai ciri khas desa. Begitu pun keberlanjutan proses pemasaran dan distribusi berdasarkan sasaran penjualan,” tandasnya Tineke.

(Adv/Aprie/RL/Read)