Date:December 5, 2020

Tiga Warga di Gorontalo Positif Covid-19, Satu Diantaranya Sedang Hamil

Covid-19 Warga Gorontalo

READ.ID – Sebanyak tiga warga Gorontalo kembali dinyatakan positif Covid-19, satu diantaranya merupakan perempuan yang sedang hamil.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Gorontalo, dr Triyanto Bialangi dalam konferensi pers bertempat di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

“Hari ini kami menerima hasil pemeriksaan sebanyak 59 spesimen. 58 diperiksa di Balai POM dan satu spesimen diperiksa di laboratorium Prodia. Dari 59 tersebut, 55 negatif termasuk didalamnya tujuh pasien sembuh. Ada empat yang positif, satu pasien lama dan tiga warga Gorontalo positif Covid-19,” ungkap dr Triyanto, Rabu (24/06).

Pasien sembuh adalah pasien 163, 185, 212 dan 214. Ada pula pasien 220, 223 serta pasien 224. Seluruh pasien sembuh dalam keadaan baik usai menjalani perawatan dengan rentang waktu beragam.

Sementara itu, untuk pasien baru yang terkonfirmasi positif yakni pasien 238 inisial OVM, perempuan, 25 tahun, Desa Ayula Tilango, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango.

Pasien 238 merupakan hasil screening mandiri. Hasilnya reaktif dan setelah di swab hasilnya positif.

Pasien 239 inisial SAL, perempuan, 46 tahun, Kelurahan Talumolo, Dumbo Raya, Kota Gorontalo. Pasien 239 merupakan pengembangan dari pasien 231 inisial RIA.

Pasien 240 inisial SRU, perempuan, 25 tahun, Kelurahan Hutuo, Limboto, Kabupaten Gorontalo. Pasien 240 adalah ibu hamil yang telah masuk rumah sakit Ainun sejak tanggal 20 Juni 2020.

“Pasien 240 ada ancaman kehamilan. Rapid tesnya reaktif, diambil swab dan swabnya positif. Sementara dirawat di rumah sakit Ainun Habibie,” kata dr Triyanto.

Sementara itu, kepala bidang kesehatan masyarakat (Kesmas) Provinsi Gorontalo, dr Rosina Giu mengatakan, paling berisiko tinggi terpapar Covid-19 itu adalah ibu hamil, ibu melahirkan, bayi, balita. dan lanjut usia.

“Mereka ini sangat adalah sasaran dari bidang Kesmas dalam hal kehidupannya tetap menjaga mereka. Kondisi ini memang memprihatinkan. Namun kami berharap warga tetap mengikuti protokol kesehatan,” ujar Rosina.

Hingga hari ini jumlah kasus positif di Provinsi Gorontalo sebanyak 240 kasus. Rinciannya delapan orang meninggal dan 180 dinyatakan sembuh. 52 sisanya sedang dan akan menjalani perawatan.

(RL/Read)