Date:January 18, 2021

Sukses Pilkada di Tengah Pandemi Butuh Peran Semua Pihak

READ.ID – Kesuksesan untuk mencapai partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang digelar di tengah pandemi Covid-19, membutuhkan peran semua pihak.

Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem mengatakan bahwa, KPU sengaja mengundang semua pihak untuk menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Sosialisasi Tepat dan Efektif Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Tengah Pandemi Covid-19”.

“Metode sosialisasi di tengah pandemi corona tidak banyak memberikan ruang untuk melakukan sosialisasi secara tatap muka, melainkan dominannya adalah melalui dalam jaringan, seperti webinar, podcast, zoom dan sejenisnya,” kata Fadliyanto Koem.

Dengan menggandeng sejumlah pihak, seperti mahasiswa, Partai Politik, FGD sosialisasi tepat dan efektif Pilkada 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, melahirkan sejumlah rekomendasi.

Lilan Dama selaku Narasumber pada FGD tersebut mengatakan ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar terciptanya pemilih yang terdidik ialah menyesuaikan setiap segmen, baik itu melalui Leaflet, WhatsApp Group, Radio.

“Publikasi mobile juga masih diperlukan untuk menyentuh masyarakat di kampung yang tidak punya gedget,” ujar Lilan.

Sedangkan menurut Salahudin Pakaya, yang juga menjadi narasumber dalam FGD tersebut, pentingnya melalukan edukasi kepada pemilih dengan memberi pemahaman pendidikan politik dan hak demokrasi rakyat. Bukan sekadar teknis kepemiluan, melainkan juga tata cara mencoblos dan semacamnya.

“Sebab, hingga saat ini praktek politik uang dengan tujuan meraup suara dalam setiap pemilu, masih menjadi problem yang serius,” kata Salahudin.

Salahudin menambahkan, sementara untuk kaderisasi di tubuh partai politik masih menjadi pekerjaan penting bagi semua pihak, agar kemudian pemimpin yang nanti dilahirkan mampu berbuat untuk rakyat, tidak sekadar memanfaatkan kekuasaan.

Diketahui, kegitan FGD tersebut turut menghadirkan unsur mahasiswa, media, partai politik, LSM Perempuan, Komunitas Pegiat Pemilu dan anggota KPU Bone Bolango, Pohuwato dan Kabupaten Gorontalo, Divisi Sosialisasi. (RL/Read)