Date:October 21, 2020

Siswi SMA Negeri 1 Telaga Pembawa Baki Pusaka Jadi Sorotan

READ.ID – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahukln (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI), pemerintah Kabupaten Gorontalo melaksanakan upacara bendera di lapangan Sport Center Limboto, Sabtu (17/8).

Upacara yang dimulai tepat pada pukul 09.00 WITA tersebut, ditandai dengan bunyi sirine selama 60 detik. Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo selaku Inspektur Upacara dan selaku Komandan upacara yaitu Kapten Inf. Basrang Wero (Jabatan perwira penghubung 1314 Gorontalo Utara) , serta komandan paskibraka yakni Ipda Iwan Kapojos (Jabatan Kapolsek Limboto Barat).

Salah satu momen yang ditunggu-tunggu dalam upacara hari Kemerdekaan adalah pembacaan naskah Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dibacakan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gorontalo, Samid Hemu.

Selain itu, para personil paskibraka yang selalu menjadi sorotan peserta upacara hari kemerdekaan adalah pembawa baki bendera pusaka yang diemban oleh Ramla Talalu dari siswi SMA Negeri 1 Telaga, penggerek bendera Andika Riski dari siswa SMA Negeri 1 Limboto, serta pembentang bendera Virgiawan Listanto dari siswa SMA Negeri 1 Telaga.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, mewujudkan kemerdekaan bukan harus untuk berperang seperti pahlawan dahulu kala. Namun dirinya mengajak untuk memerangi kemiskinan dan meningkatkan pendidikan masyarakat.

“Tugas kita bukan lagi seperti pahlawan yang dulu, tapi kita sebagai pemerintah bertanggung jawab kepada masyarakat yaitu memerdekakan kemiskinan dan memerdekakan kebodohan yang ada di daerah. Saya harap ini adalah tanggung jawab kita semua, Ujar Nelson setelah ditemui usai upacara.

Dalam upacara kemerdekaan yang berlangsung khidmat dan sukses itu, juga dihadiri oleh seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) yang berasal dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) setempat, TNI, POLRI, Legiun Veteran, Pensiunan PNS, Camat, Kepala Desa, Orang Tua Paskibraka serta perwakilan dari Siswa-Siswi yang berasal dari beberapa sekolah di Kabupaten Gorontalo.