Date:October 19, 2020

Shoping Limboto Bakal Jadi Pusat Grosir Terbesar di Gorontalo

READ.ID – Pemerintah Kabupaten Gorontalo rencananya akan merubah wajah shoping Center Limboto dari yang kumuh Menjadi Pasar modern. Selain sebagai Pusat Grosir terbesar di Gorontalo, Revitalisasi Shoping Limboto akan mengangkat perekonomian di Gorontalo dan dijadikan ikon Kota Limboto.
“Saya kira fakta menunjukan Shoping Limboto usai kebakaran saat ini sudah kumuh, saluran air sudah rusak dan sebagainya. Jadi sekarang ini butuh revitalisasi pembangunan yang baru dan modern,” ungkap Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, usai memimpin rapat rencana pembangungan shoping Limboto di ruang madani Kantor Bupati setempat, Kamis (24/7).
Pada pemaparan awal di rapat tersebut, Shoping Center Limboto akan menggunakan anggaran Pemerintah Kabupaten Gorontalo Tahun 2019 yang perencanaanya akan dituntaskan pada bulan Agustus nanti.
Dalam tahap awal, Nelson Pomalingo menginstruksikan kepada Kepala Bappeda Kabupaten Gorontalo agar segera membuat denah rancangan pembangunan Shoping Limboto secara komprensif, baik itu di Pasar Tradisional, terminal hingga saluran.
“Tadi kita sudah sepakati rancangan denahnya walaupun banyak masukan dari peserta rapat soal arsiteknya, asisbilitinya, kenyamanan, bagaiman memperhitungkan kebencanaan hingga kemauan pedagang dan pembeli. itu harus dipertimbangkan sehingga bisa menunjang segalanya”, Kata Nelson.
Terkait jumlah anggaran yang akan digunakan di revitalisasi pembangunan Shoping Center Limboto tersebut, masih akan dibahas dengan pihak DPRD Kabupaten Gorontalo.
“Sebenarnya Pemda sudah lama menganggarkannya tapi perencanaannya belum selesai, kita masih melihat  persyaratan lainnya yaitu amdal dalam bentuk upah UPL, UKL hingga bagaimana rencana pemindahan masyarakat sekitar agar mereka nyaman,” tuturnya.
Nelson berharap, Revitalisasi Shoping Limboto menjadi Pasar Modern bisa berdampak pada perekonomian masyarakat Gorontalo.
“Saya mau pedagang dan pembelinya senang berjualan di tempat itu. Rencaanya juga Pasar tradisional Kayubulan akan menjadi pasar harian sama dengan pasar central yang ada di kota Gorontalo. Jadi nanti ada pilihan Masyarakat datang ke di Pasar tradisional atau atau Datang di pasar modern, apalagi Limboto berada ditengah Gorontalo sehingga orang daerah daerah lain silakan silakan berbelanja,” tutup Nelson.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *