Date:September 23, 2020

Seorang Nelayan Hilang Saat Melaut di Perairan Gorontalo Utara

Nelayan Hilang

READ.ID – Seorang nelayan bernama Abas Modanggu (43 tahun) dikabarkan hilang saat melaut di perairan Desa Tolinggula Pantai, Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara.

Kepala kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Gorontalo, I Made Junetra mengatakan, awalnya korban berangkat mencari ikan di laut pada Jumat 24 Juli 2020 sekitar pukul 17.00 wita, tapi hingga saat ini belum kunjung kembali.

Kemudian pada Sabtu sekitar pukul 16.00 Wita, korban diduga hilang setelah perahu ditumpanginya ditemukan nelayan lain dalam kondisi mesin hidup.

“Para nelayan yang menemukan perahu korban membawa perahu tersebut menuju darat kemudian melaporkan kejadian kepada perangkat desa dan diteruskan kepada Basarnas,” kata Made Junetra, Senin (27/7/2020).

Lanjut Made, pencarian terhadap korban dilakukan sejak pagi tadi dengan membagi area pencarian menjadi 2 tim menggunakan perahu karet dan perahu nelayan.

Operasi pencarian korban melibatkan beberapa unsur SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Pos SAR Kwandang, Polair, Babinsa, Tagana, BPBD, Perangkat desa Tolinggula, dan masyarakat setempat.

“Kamii menyisir dari tempat memancing korban hingga di titik ditemukannya perahu korban. Hingga saat ini korban belum juga ditemukan. Pencarian kami akan lanjutkan besok. saya juga menghimbau kepada nelayan agar tidak melaut saat kondisi cuaca buruk,” ungkapnya. (RL/Read)