Date:December 5, 2020

Sempat Bermasalah di Pilkades, Bupati Gorontalo Akhirnya Lantik Kades Hulawa

Kades Hulawa

READ.ID – Sempat bermasalah di Pilkades 2019 lalu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo akhirnya melantik Kepala Desa (Kades) Hulawa, Herlina Lihawa, di ruang Madani Kantor Bupati, Senin (06/01).

Nelson mengungkapkan, pelantikan Kades Hulawa dilakukan setelah menurunkan tim inspektorat, untuk melakukan investigasi di Pilkades Hulawa. Walaupun sempat berpolemik, ia menggelar proses pelantikan tersebut karena dalam rangka mempercepat proses pembangunan daerah.

“Pelantikan ini dilakukan dengan aturan yang jelas dari hasil demokrasi. Walaupun sempat menjadi problem, kita sudah melakukan kajian. Maka, kita sudah putuskan untuk melakukan pelantikan kepala desa Hulawa,” jelas Nelson.

Selain Desa Hulawa, kata Nelson, ada 14 desa yang bermasalah di Pilkades serentak lalu, tapi kesalahan terbesar ada di Desa Hulawa. Namun, setelah diberikan panismen, Bupati Gorontalo melantik kades Hulawa sesuai aturan yang ada.

“Kalupun ada hal-hal yang tidak puas, maka ini harus diperbaiki. Saya sudah tegaskan kepada kades baru untuk menjadi harapan sesungguhnya kepada masyarakat. jangan ada tebang pilih masyarakat,” tegas Nelson.

Ia juga mengingatkan kepada kades yang baru dilantik, agar melayani masyarakat dengan baik, profesional dan menjadi penyejuk. Ia meminta warga desa Hulawa untuk mengawal pimpinan desa tersebut.

“Jika ada problem, segera laporkan kepada kami. Maka, Inspektorat akan segera turun untuk memeriksanya. namun, jika itu pemimpin baik, maka masyarakat harus mendukungnya. Saya yakin pemerintah tidak akan berjalan dengan baik tanpa ada partisipasi dari masyarakat,” tandasnya. (Adv/Wahyono/Read.id)