Date:October 30, 2020

Sektor Pertanian di Kabupaten Gorontalo Diharapkan Terus Tumbuh

Pertanian Kabupaten Gorontalo

READ.ID – Sektor pertanian yang ada di Kabupaten Gorontalo diharapkan terus tumbuh dan menjadi penopang ekonomi masyarakat.

Hal itu disampaikan Pjs Bupati Gorontalo Mitran Tuna saat melakukan penanaman tanaman holtikultura yang diinisiasi Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) dan Kelompok Tani (Poktan) Mandiri Kelurahan Hunggaluwa.

Penanaman tanaman kebun tersebut dilakukan di salah satu kebun di Jalan Abas Otuhu, Kelurahan Hunggaluwa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Minggu (18/10/2020).

“Pertanian harus terus maju dan kegiatan yang dilakukan Bapera serta kelompok tani adalah sesuatu yang positif dan perlu untuk diapresiasi,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Mitran juga mengajak warga untuk membudidayakan tanaman hortikultura seperti sayur-sayuran guna menambah dan mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Mitran menilai gerakan budi daya tanaman holtikultura itu merupakan sesuatu yang positif.

Di sisi lain, kegiatan tersebut juga merupakan program dari Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Dirinya menjelasakan gerakan itu bisa menjadi salah satu solusi untuk peningkatan ekonomi warga di tengah pandemi COVID-19.

“Kegiatan ini, kan, juga merupakan bagian dari program pekarangan pangan lestari yang saat ini sedang digalakan Pemerintah Provinsi Gorontalo,” ujar Mitran.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo Rahmat Pomalingo yang juga turut hadir dalam kegiatan mengatakan pembudidayaan itu akan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Ia mengaku di tengah pandemi COVID-19 saat ini hampir semua sektor mengalami penurunan prduktivitas. Olehnya, ia mendukung insisasi yang dilakukan Bapera dan kelompok tani tersebut.

“Hampir semua sektor lumpuh, tapi alhamduillah di daerah kita, sektor pertanian hampir tidak ada pengaruhnya, karena yang pertama alam kita tetap terjaga,” ucapnya.

Dirinya berharap Bapera Kabupaten Gorontalo bisa terus mendorong kelompok tani dan pemuda untuk menggerakan sektor pertanian yang ada.

(RL/Read)