Date:July 13, 2020

Rusli: Rakyat Tidak Bodoh Menentukan Pilihannya di Pilkada

Rusli Pilkada

READ.ID – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan, rakyat tidak bodoh untuk menentukan pilihannya di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang.

Jumlah Terpapar Covid-19 Di Gorontalo
POSITIF
361 +0
DIRAWAT
112
SEMBUH
232
MENINGGAL
17
Sumber data : Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. Update terakhir : 13 Juli 2020 15:00 WITA

Menurutnya, saat ini rakyat sudah lebih cerdas dalam memilih pemimpin yang memiliki komitmen tinggi, untuk memajukan daerah dan berpihak pada kepentingan rakyat.

“Saya yakin rakyat tidak bodoh, rakyat juga tidak buta, mereka pasti tahu mana calon pemimpin yang terbaik untuk daerah,” ujar Rusli pada kegiatan bakti sosial NKRI Peduli yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo di Kecamatan Boliyohuto, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (27/6).

Rusli juga mengajak masyarakat agar menyukseskan penyelenggaraan Pilkada. Dirinya berharap masyarakat jangan sampai terpecah belah hanya akibat berbeda pilihan.

“Saya mengajak masyarakat untuk menyukseskan pemilihan bupati yang akan datang. Silahkan saja masyarakat menentukan pilihannya masing-masing, tetapi jangan sampai dukung mendukung dengan pilihan yang berbeda akan membuat kita terpecah belah dan saling berantam,” pinta Mantan Bupati Gorontalo itu.

Ia juga meminta calon bupati dan wakil bupati agar bertarung dengan cara mengambil hati rakyat tanpa melanggar aturan.

Dari 270 daerah di Indonesia yang akan menggelar Pilkada serentak 2020, tiga di antaranya ada di Provinsi Gorontalo yaitu Kabupaten Gorontalo, Bone Bolango, dan Kabupaten Pohuwato. Setelah tertunda akibat pandemi Covid-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5/2020 terkait jadwal tahapan Pilkada serentak 2020 terbaru.

Berdasarkan PKPU tersebut, tahapan pendaftaran pasangan calon kepala daerah akan dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 6 September 2020, masa kampanye mulai tanggal 26 September hingga 5 Desember 2020, serta pelaksanaan pemungutan suara pada 9 Desember 2020. (RL/Read/Pemprov)