Date:October 31, 2020

Rusli Habibie dorong Kemenperin tingkatkan industri pertanian di daerah

READ.ID – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mendorong Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita untuk tingkatkan industri hasil pertanian di daerah. Menurut Rusli, Gorontalo punya banyak sumber daya alam namun harus diimbangi dengan industri pengolahannya.

Hal tersebut diungkapkan Rusli saat diundang makan siang bersama di Kantor Menteri Perindustrian, Jakarta, Selasa (29/10).

“Potensi pertanian kita cukup banyak. Ada jagung, kelapa, perikanan dan lain-lain. Tapi kita tidak punya banyak pabrik pengolahannya. Ini tentu saja tidak cukup karena nilai tambah setiap produk menjadi rendah,” ungkap Rusli usai pertemuan.

Oleh karena itu, Rusli meminta agar sektor pertanian bisa menjadi perhatian Kemenperin. Salah satu caranya dengan mencari pengusaha yang mau berinvestasi di Gorontalo.

Industri pertanian dinilai tidak saja meningkatkan nilai jual. Lebih daripada itu, diharapkan mampu membuka lapangan kerja serta mendorong peningkatan kesejahteraan rakyat.

Terlebih secara geografis, Gorontalo diapit oleh Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah yang juga memiliki potensi bahan baku pertanian yang relatif sama.

“Kehadiran calon investor ini kita harapkan bisa difasilitasi oleh pak Menteri. Prinsipnya kami pemerintah daerah menjaminkan tiga hal yakni kemudahaan izin, keamanan daerah serta ketersediaan infrastruktur dasar terutama listrik,” tegasnya.

Terkait dengan permintaan tersebut, Gubernur menyebut Menperin siap membantu. Bahkan, bulan November nanti mantan Menteri Sosial itu berencana berkunjung ke Gorontalo untuk melihat potensi di daerah. (Adv/RL/Read)