Date:September 22, 2020

RB Leipzig Tumbangkan Atletico Madrid di Perempat Final Liga Champions

RB Leipzig Champions

READ.ID – RB Leipzig berhasil lolos ke semifinal Liga Champions 2019-2020 usai tumbangkan Atletico Madrid dengan skor 2-1.

Semua gol yang tercipta dalam pertandingan perempat final Liga Champions yang mempertemukan RB Leipzig melawan Atletico Madrid di Estadio Jose Alvalade, Kamis (13/8/2020) waktu setempat atau Jumat dini hari WIB tercipta pada babak kedua.

RB Leipzig menjadi kubu yang terlebih dahulu berhasil memperoleh gol melalui Dani Olmo pada awal babak kedua.

Setelah itu, Atletico sempat membalas melalui penalti Joao Felix. Terakhir, Tyler Adams mencetak gol untuk memastikan kemenangan Leipzig.

Dengan kemenangan ini, Leipzig pun lolos ke semifinal dan akan menghadapi tim Prancis, Paris Saint-Germain.

Dilansir dari www.bolasport.com, RB Leipzig memulai pertandingan kontra Atletico Madrid dengan cukup bagus. Mereka terus berusaha keras untuk menempatkan Atletico di bawah tekanan dengan menerapkan tempo tinggi.

Meski demikian, Atletico justru yang lebih dahulu memberi ancaman serius. Peluang itu tercipta pada menit ke-13.

Renan Lodi melakukan sprint dari sisi kanan pertahanan Leipzig hingga mendekat ke kotak penalti sebelum mengirim umpan datar ke arah Yannick Carrasco.

Tanpa pikir panjang, Carrasco yang berada di dalam kotak penalti langsung menembakkan bola meggunakan kaki kanan.

Namun, upaya tersebut masih dapat digagalkan oleh kiper Leipzig, Peter Gulacsi, dan hanya berbuah tendangan sudut untuk Atletico.

Setelah peluang itu, Atletico kembali berupaya menyerang, tetapi tidak ada satu pun yang berhasil membobol gawang Leipzig.

Adapun Leipzig, yang mendominasi penguasaan bola, juga tidak mampu berbicara banyak.

Serangan Leipzig kerap kali terputus di sepertiga akhir wilayah pertahanan Atletico karena rapatnya barisan pertahanan pasukan Diego Simeone.

Skor 0-0 bertahan hingga 45 menit awal berakhir.

Kebuntuan pecah tak lama babak kedua dimulai. Leipzig membuka skor melalui Dani Olmo pada menit ke-50.

Gol tersebut berawal dari Konrad Laimer yang mengirim umpan dari depan kotak penalti ke sisi kanan penyerangan yang kemudian diterima dengan baik oleh Marcel Sabitzer.

Setelah itu, Sabitzer langsung melepaskan umpan lambung menggunakan kaki kanan ke muka gawang yang kemudian disambut oleh Olmo dengan tandukan ke arah kiri gawang.

Kiper Atletico, Jan Oblak, berusaha menyelamatkan gawangnya dari kebobolan, tetapi bola terlalu jauh dari jangkauannya. Kebobolan membuat Atletico mulai ketar-ketir.

Oleh sebab itu, pelatih Atletico, Diego Simeone, mengubah strateginya dengan memasukkan Joao Felix pada menit ke-58.

Strategi tersebut membuahkan hasil positif untuk Atletico. Pada menit ke-70, Felix berhasil mendapat tendangan penalti untuk Los Rojiblancos usai dirinya dijatuhkan oleh Lukas Klosterman di dalam kotak terlarang saat sedang menggiring bola

Usai kebobolan, Leipzig langsung merespons. Mereka menyerang gawang Atletico dengan segala cara.

Hal itu pun akhirnya membuathkan hasil. Pada menit ke-88, pemain yang baru masuk, Tyler Adams, mencetak gol untuk membawa Leipzig unggul kembali.

Kerja sama apik pemain Leipzig berhasil membuat Angelino mendapat ruang yang cukup terbuka di sisi kanan pertahanan Atletico.

Setelah meguasai bola, Angelino mengirimkan umpan ke Adams yang berada di depan kotak penalti menggunakan kaki kiri.

Tanpa pikir panjang, Adams yang melihat ruang tembak cukup lebar langsung melesakkan tendangan keras menggunakan kaki kanannya.

Bola yang melaju kencang berubah arah karena membentur Stefan Savic Kiper Atletico, Jan Oblak, yang terlanjur mengambil arah lain, hanya bisa terpaku melihat bola melewatinya.

Setelah gol Adams, Atletico berusaha mencari gol lagi untuk menyeimbangkan kedudukan.

Akan tetapi, usaha Atletico tidak membuahkan hasil dan kedudukan 2-1 untuk Leipzig pun bertahan hingga wasit Szymon Marciniak menyudahi jalannya pertandingan.

Susunan pemain RB Leipzig vs Atletico Madrid:

RB Leipzig (4-3-3): 1-Peter Gulacsi; 23-Marcel Halstenberg, 5-Dayot Upamecano, 16-Lukas Klosterman, 3-Angelino; 7-Marcel Sabitzer, 44-Kevin Kampl, 27-Konrad Laimer (14-Tyler Adams 72′); 18-Christopher Nkunku (8-Amadou Haidara 83′), 9-Yussuf Poulsen, 25-Dani Olmo (21-Parik Schick 83′)

Pelatih: Julian Nagelsmann

Atletico Madrid (4-4-2): 13-Jan Oblak; 23-Kieran Trippier, 15-Stefan Savic, 2-Jose Gimenez, 12-Renan Lodi; 16-Hector Herrera (7-Joao Felix 58′), 8-Saul Niguez, 6-Koke (18-Felipe 90+3′), 21-Yannick Carrasco; 14-Marcos Llorente, 19-Diego Costa(9-Alvaro Morata 72′)

Pelatih: Diego Simeone

(Conten Writer)