Date:October 30, 2020

Radio Alkhairat Gorontalo Disarankan Mampu Apilikasikan Teknologi Baru

Radio Alkhairat Gorontalo

READ.ID – Radio Alkhairat (RAL) provinsi Gorontalo disarankan harus mampu mengaplikasikan teknologi baru yang mudah diakses melalui berbagai perangkat teknologi komunikasi seperti gawai, sehingga memiliki jangkauan siaran yang luas.

Hal itu disampaikan pimpinan Radio Alkhairaat (RAL) Manado, Sulawesi Utara, Fachry Mohamad Basalama usai bersilatuhrahmi dengan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim selaku Ketua Komisariat Wilayah (Komwil) Alkhairaat Provinsi Gorontalo. Pada pertemuan itu kedua pihak memperbincangkan pengembangan RAL Gorontalo di ruang kerja Wagub kompleks Gubernuran Gorontalo, Rabu (11/3).

Fachry mengatakan, baik RAL Manado maupun RAL Gorontalo merupakan radio yang menggunakan frekuensi publik, sehingga secara otomatis keduanya adalah radio milik publik.

“Berat membawa nama Alkhairaat itu, kita harus bisa membawa misi Alkhairaat untuk pengembangan umat melalui dakwah dan pendidikan. Karena itu manajemennya harus bagus, informasinya harus bermanfaat bagi masyarakat, termasuk program siarannya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat,” kata Fachry Basalama yang didampingi oleh Komisaris RAL Gorontalo MH. Alif Gibran saat diwawancarai usai bersilaturahmi dengan Wagub Idris Rahim.

Terkait program siaran, Fachry menitikberatkan pada pentingnya cara dalam menyampaikan atau membawakan siaran yang mampu menarik pendengar. Menurutnya, antara what to say dan how to say atau apa yang dikatakan dan bagaimana mengatakannya, menjadi faktor yang sangat menentukan suksesnya satu program siaran.

“Misalnya program siaran agama berupa ceramah, materi dan cara menyampaikannya harus bagus. Biarpun materinya bagus, tetapi cara menyampaikannya tidak menarik, pasti akan ditinggalkan pendengar,” tutur Fachry.

RAL Gorontalo mengudara sejak November 2019 pada Frequency Modulation (FM) 102,6. Beberapa program siaran RAL Gorontalo di antaranya Kajian Keislaman, Syiar dan Syair Guru Tua, Muhasabah Diri, serta Obrolan Santai dan Asyik yang membahas berbagai topik seputar Gorontalo. (Adv/RL/Read)