Date:September 23, 2020

PPS Diminta Kerja Efektif Saat Verfak Perbaikan Bapaslon Perseorangan

READ.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato meminta Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk bekerja secara efektif selama tahapan Verifikasi Faktual (Verfak) dukungan perbaikan Badan Pasangan Calon (Bapaslon) perseorangan.

Ketua KPU Pohuwato, Rinto Ali, mengatakan bahwa waktu proses Verfak ini hanya dari tanggal 10-16 Agustus 2020, sehingga dengan demikian membutuhkan kinerja yang terukur.

“Selama melakukan Verfak dukungan perbaikan ini diharapkan PPS melakukan langkah-langkah terukur. Sehingga setiap harinya kita dapat mengukur kemajuan proses tahapan Verfak,” ujar Rinto, Selasa (11/8/2020).

Selain itu, ia mengatakan, PPS diharapkan terus melakukan koordinasi dengan tim penghubung Bapaslon perseorangan di daerah tersebut.

“Namun apabila di wilayah kerja PPS tidak terdapat tim penghubung yang dapat dihubungi, segera melapor ke PPK atau tim penghubung tingkat kecamatan melalui nomor telepon seluler yang telah disampaikan sebelumnya oleh KPU Kabupaten Pohuwato,” kata Rinto.

Ia menambahkan, sebanyak 15.628 data dukungan perbaikan sementara yang akan diverifikasi faktual oleh PPS. Berdasarkan data yang diperoleh dari tim e-verfak KPU Pohuwato, per tanggal 11 Agustus 2020, kemajuan verifikasi faktual dukungan perbaikan Bapaslon perseorangan telah mencapai 19 persen, kata Rinto. (RL/Read)