Polres Palu Gelar Latihan Dalmas Jelang Pilkada Serentak

Polres Palu

READ.ID – Kepolisian Resor (Polres) Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar latihan Pengendalian Massa (Dalmas).

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan personel satuan Samapta Bhayangkara (Sabhara), menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2020.

Latihan Dalmas yang diikuti satuan Sabhara itu digelar usai apel pagi, di halaman Markas Komando (Mako) Polres Palu, Selasa (24/11/2020).

Kapolres Palu AKBP Riza Faisal melalui Kasat Sabhara AKP Waidodo Sugiarto menjelaskan, kegiatan latihan itu bertujuan untuk mengingat kembali gerakan formasi Dalmas.

Serta sebagai persiapan pengamanan massa, untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang terjadi di wilayah Kota Palu.

Menurutnya, latihan rutin akan meningkatkan kemampuan kita, dan tanpa latihan, kita tidak akan memiliki kemampuan. Siapapun mereka pastinya memerlukan latihan.

“Ibarat pisau, jika lama tidak diasah, maka akan tumpul. Jadi, latihan ini kita lakukan empat kali dalam sebulan,” ujar Widodo.

Dirinya menambahkan, Reskrim, Intel, Lantas, Resnarkoba Binmas, dan staf juga harus menguasai Dalmas. Sehingga jika diperlukan, anggota bisa hadir dengan cepat dan mampu bertindak secara profesional.

(rz/read)