Date:October 27, 2020

Polres Kota Blitar Antisipasi Kerumunan Massa Saat Pengundian Nomor Urut Calon

Pengundian Nomor Urut

READ.ID – Kasubag Humas Polres Kota Blitar, Iptu Ahmad Rochan, Iptu Ahmad Rochan mengatakan, pihaknya mengantisipasi pelanggaran Pilkada seperti kerumunan massa saat pengundian nomor urut calon.

Kata Iptu Ahmad, hari ini tidak ada penutupan jalan atau rute. Namun begitu, kata dia, pihaknya (Polres Kota Blitar) telah mensiapkan personil kurang lebih 1 kompi untuk dikerahkan menjaga kemamanan.

“Untuk pengundian nomor urut dilaksanakan bukan di kantor KPU Kota Blitar, akan tetapi di Hotel Puri Perdana, Kota Blitar. Kemudiam, lokasi sudah juga kami sisir, demi menjaga kemungkinan-kemungkinan hal yang terjadi dan sesuai prosedur tetap penanganan (protap),” ujar Rochan, kepada read.id melalui sambungan telepon, Kamis (24/9/2020).

Kemudian, Rochan membeberkan, bahwa disetiap titik-titik rawan, nantinya akan ditempatkan beberapa personil kepolisian dengan peralatan lengkap untuk antisipasi bentrok massa para pendukung, walupun tadi malam sudah kita deklarasikan pemilu damai, aman dan sehat.

“Kita laksanakan pengamanan secara preventif, namum kalau melanggar ketentuan yang telah ditetapkan oleh peraturan KPU maupun portokol kesehatan tetap akan kita tindak,” tandasnya

Lanjutnya, untuk personel nantinya terbagi dalam tiga ring. Ring I : pengamanan VIP Paslon dan Pengamanan tertutup di dalam lokasi Hall Puri perdana, sebanyak 30 personel. Ring II : Pengamanan di Pintu Gerbang masuk Hotel Puri Perdana dan Halaman Hotel Puri Perdana, sebanyak 32 Personel. Ring III : Pengamanan Jalur di simpul2 jalan menuju lokasi Hotel Puri Perdana, sebanyak 30 personel.

“Terakhir, Satgas Bantuan sebanyak 30 personel untuk melaksanakan patroli cipta kondisi kamtibmas,” pungkas Kasubag.

(Zun/RL/Read)