Date:September 28, 2020

Pohuwato dan Gorut Miliki Dandim Definitif

READ.ID – Komandan Resort Militer (Danrem) 133/Nani WartaBone, Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw, resmi melantik dua perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang akan bertugas sebagai Komando Distrik Militer (Kodim) didua daerah Provinsi Gorontalo yakni Kabupaten Pohuwato dan Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut). Pelantikan itu bertempat di Aula Kusno Danupoyo Korem 133 Gorontalo, Minggu (18/8).

Kedua pemimpin Kodim yang baru dilantik yakni, Komandan Distrik Militer (Dandim) 1313 Pohuwato Letkol Arm Iron Prasetyo dan Dandim 1314 Gorontalo Utara Letkol Arm Firstya Andrean Gitrias.

Danrem 133 Kolonel Czi Arnold mengatakan, Pelantikan itu sebagai pelengkap struktur organisasi khususnya pejabat Kodim di Daerah tersebut.

“Pelantikan Jabatan Komandan Satuan seperti ini merupakan hal biasa, namun mempunyai arti yang penting bagi satuan dan pembinaan personel,” Jelasnya.

Menurutnya, Kegiatan itu sudah menjadi tuntutan dan kebutuhan organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja satuan dalam rangka keberhasilan pelaksanaan tugas pokok.

“Diharapkan kepada para Dandim harus mampu membina personel dan satuannya secara profesional diwilayahnya, karena ini merupakan salah satu fungsi utama TNI Angkatan Darat,” Pinta Kolonel Arnol.

Dirinya menegaskan, seluruh satuan TNI harus memiliki tanggung jawab dan dapat bersinergi dengan masyarakat. TNI juga harus mampu membangun toleransi maupun kebersamaan persaudaraan, sehingga bisa menangkal upaya yang dapat mengganggu proses pembangunan di daerah.

“Tingkatkan intensitas dan kualitas kehadiran para aparat ditengah-tengah masyarakat, baik untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat. Serta membantu Pemerintah untuk mensejahterakan rakyatnya,” Harapnya.

Selain itu, Dirinya juga mengingatkan para Komandan Satuan (Dansat) serta perwira agar aktif dalam mewaspadai dan mencegah akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya. Selaku Aparat berikan sosialisasi yang baik dan jelas kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan.