Date:November 27, 2020

PKK Kota Gorontalo Ajak Semua Pihak Tuntaskan Masalah Perempuan dan Anak

Perempuan Anak

READ.ID – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Gorontalo Jusmiyati Taha K. mengajak kepada pemerintah, masyarakat, dan semua pihak agar bekerja sama menuntaskan masalah yang kerap dialami perempuan dan anak.

Hal ini disampaikannya saat membuka kegiatan Pembentukan dan Penguatan Kapasitas Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Kota Gorontalo, Kamis (10/09/2020).

Jusmiati menjelaskan Puspa adalah pertemuan fundamental yang dilakukan Kementerian PPPA untuk menyatukan visi dan misi anak Indonesia.

Lembaga-lembaga terkait yang tergabung dalam Puspa ini, sengaja dipilih untuk menyebarluaskan dan menyukseskan program unggulan yang di dalamnya memiliki pesan untuk mengakhiri kekerasan pada perempuan dan anak.

“Termasuk menghentikan perdagangan manusia, serta akhiri kesenjangan ekonomi antara perempaun dan laki-laki,” ujar Jumiati.

Melalui program yang ada di Puspa, Pemerintah Kota Gorontalo juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama bersinergi mewujudkan kesejahteraan perempuan dana anak.

Menurut Jusmiati, Pemerintah Kota Gorontalo pun tidak sanggup bekerja sendiri menyelesaikan berbagai kesenjangan yang dialami kaum perempaun dan panak.

Karena Pemkot Gorontalo, khususnya instansi terkait, saat ini tengah diperhadapkan dengan berbagai keterbatasan. Misalnya jumlah Sumber Daya Alam (SDM), anggaran sampai dengan sarana yang terbatas.

“Oleh karena itu, sejak tahun 2017 lalu Kemenpan PPPA membentuk PUSPA, melibatkan seluruh komponen organisasi dan masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah daerah, dalam hal ini Kota Gorontalo,” ungkap Jusmiyati.

Jusmiyati berharap Forum PUSPA dapat bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-P3A) Kota Gorontalo.

“Kerjasama ini harus dilakukan antara pemerintah daerah dengan lembaga lembaga masyarakat. Karena, semakin banyak unsur yang terlibat dalam penutasan isu isu terkait, maka, program kegiatan PPPA dapat dilaksanakan dengan cara efektif dan efisien, serta dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tegasnya

(RL/Read)