Date:November 28, 2020

Pentingnya Sosialisasi dan Harmonisasi Bunda Paud

READ.ID, – Sosialisasi dan harmonisasi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) tahun 2019 di Jakarta, menururt Bunda Paud Kota Gorontalo Jusmiati Taha K Demak, sangat penting. Sebab dapat meningkatkan pemahaman bunda paud, dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai penggerak utama pembinaan layanan Paud di daerah.

“Tema dalam kegiatan yang kami hadiri dan ikuti ini, yakni ‘Memantapkan Peran Bunda PAUD dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia Sejak Usia Dini’,” ujar Jusmiati.

Ada banyak hal yang menjadi harapan dan target Jusmiati, dalam kegiatan tersebut yang hasilnya akan diimplementasikan ke daerah. Salah satunya menyamakan persepsi terhadap peran bunda paud di seluruh wilayah, dalam rangka mewujudkan dunia pendidikan anak usia dini yang maju dan unggul.

Sementara yang menjadi prioritas dari program strategis ini, bukan lain adalah peningkatan dan pemantapan peran serta individu Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk memulainnya, tentu harus diawali dengan penguatan manajemen pelayanan di Paud, maupun stakeholder.

“Jika dalam interlan tatakelolah serta pelayanannya baik, akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan SDM di masing-masing Paud, inilah nantinya kita perkuat dari hasil sosialisasi yang kami ikuti,” terang Jusmiati.

Sementara itu Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Harris Iskandar, dalam sambutannya saat membuka sosialisasi tersebut mengatakan bahwa program PAUD wajib dilaksanakan untuk memperbaiki pola hidup anak.

Harris menuturkan, Bunda PAUD memiliki peran strategis antara lain mendorong partisipasi dan peran serta masyarakat dalam mendukung pembinaan, penyelenggaraan, dan pengembangan PAUD yang berkualitas.

“Bunda PAUD harus dapat memotivasi pengelola, penyelenggara, pembina, serta pendidik dan tenaga kependidikan dalam penyelenggaraan layanan PAUD berkualitas,” jelas Harris.****

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *