Date:September 27, 2020

Pemkot Gorontalo akan Percepat Perbaikan Tanggul Jebol Akibat Banjir

Perbaikan Tanggul

READ.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo akan mempercepat perbaikan tanggul jebol akibat banjir di wilayah setempat.

Wakil Walikota Gorontalo, Ryan Kono menjelaskan, penanganan banjir di kota Gorontalo terus diseriusi pemerintah kota, baik penanganan darurat maupun mempercepat pembangunan tanggul yang jebol.

“Kita kawal terus untuk perbaikan tanggul, Alhamdulillah telah direspon oleh pihak kementerian PUPR. Insha Allah tinggal menunggu action pekerjaannya,” ungkap Ryan usai melakukan pemantauan, Sabtu (25/6/2020) kemarin.

Menurut Ryan, banjir yang melanda Kota Gorontalo sudah beberapa kali akibat intensitas curah hujan yang sulit diprediksi. Ditambah dengan jebolnya tanggul pembatas di bantaran sungai diwilayah Tamalate, Padebuolo dan Bugis. Sehingganya kata Ryan, apabila terjadi hujan di daerah hulu dampaknya langsung dirasakan warga yang tinggal di bantaran sungai Bone.

“Upaya penanganan banjir mulai menunjukkan titik terang, seiring dengan penanganan langsung oleh kementerian PUPR melalui dirjen Sumber Daya Air (SDA),” jelasnya.

Sementara Pemerintah Kota rencananya akan menghadiri pertemuan dengan jajaran dirjen SDA, untuk menindak lanjuti usulan terkait perbaikan tanggul tersebut.

“Kita doakan bersama semoga bencana ini segera berakhir. Terima kasih kepada TNI/Polri, Tagana, Organisasi kemasyarakatan serta semua pihak yang telah membantu pemerintah kota Gorontalo menangani banjir di kota Gorontalo,” pungkas Ryan.

Selain intesitas hujan tinggi, luapan sungai Bone membuat pemukiman disebagian wilayah kota Gorontalo terendam banjir.

“Luapan air ini, sudah ketiga kalinya menerjang kota gorontalo, sejak Juni lalu” ungkap Wakil Walikota Gorontalo.

Pada pemantauan itu, Ryan bersama sejumlah OPD terkait, turut mendistribusikan makanan siap saji kepada warga yang terdampak.

” Ada 7 titik yang kita kunjungi termasuk tempat pengungsian warga. Kita berikan makanan siap saji dan airmineral untuk membantu kebutuhan mereka” ujar Ryan.

(Adv/RL/Read)