Date:November 24, 2020

Pemkab Gorontalo – LIPI Kerja Sama Tangani Krisis Danau Limboto

READ.ID – Upaya terus dilakukan oleh Pemerintah dalam mengatasi permasalahan Danau Limboto, Gorontalo. Salah satunya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo dan lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja sama untuk menangani krisis danau Limboto.

Hal itu ditandai penandatanganan Mou antara Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dengan Pihak LIPI yang diwakili oleh Deputi LIPI Zainal Aripin.

Nelson menyampaikan, LIPI nantinya akan melakukan pendampingan dan transfer Ilmu Pengetahuan Teknologi (Iptek) menyangkut penanganan krisis Danau Limboto.

” Ini upaya kami salah satunya untuk menyelamatkan Danau Limboto. Adanya kerja sama dengan LIPI bisa memberikan ilmu pengetahuannya bagaimana cara menanganinya, Jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo juga telah melakukan rapat koordinasi penyelamatan danau di Indonesia yang digagas oleh kementrian lingkungan hidup dan kehutanan Republik Indonesia.

Pada rakor itu, 15 kepala daerah pemilik danau kritis di Indonesia menyatakan 4 kesepakatan penyelamatan danau prioritas Nasional. Diantaranya, pertama, melaksanakan penyelamatan danau prioritas nasional dengan mengacu kepada rencana pengelolaan danau terpadu yang telah disusun bersama para pihak sejak tahun 2018. Kedua, mengintegrasikan program dan kegiatan penyelamatan danau prioritas nasional yang tertuang dalam rencana pengelolaan danau terpadu kedalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Provinsi/Kabupaten, rencana strategi masing-masing perangkat daerah terkait dan rencana tata ruang wilayah. Ketiga, mengoptimalkan peran kelembagaan danau, baik pokja, tim, forum atau badan yang telah dibentuk oleh Gubernur/Bupati untuk mengawal pelaksanaan serta melakukan pemantauan dan Evaluasi capaian pelaksanaan program dan kegiatan penyelamatan danau prioritas nasional. Sementara yang keempat, melaksanakan kerjasama dengan para pihak untuk mewujudkan danau prioritas Nasional yang sehat dan Lestari.

“Ini terus menerus kami akan upayakan dan menjadi komitemen kami, sehingga danau yang kritis di Indonesia tertata dengan baik. Kami akan menggandeng semua pihak yang bisa membantu kami dalam mengatasi permasalahan terutama di Danau Limboto yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Gorontalo,” Tandas Nelson.