Date:December 5, 2020

Pemkab Gorontalo Hibahkan Rp 3,5 Miliar untuk Pengamanan Pilkada

Gorontalo Hibah Pilkada

READ.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo hibahkan dana Rp 3,5 Miliar untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Dana hibah itu diserahkan melalui penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah, antara Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dan Kapolres Gorontalo AKBP Ade Permana, yang diselenggarakan di ruang kerja Bupati, Kamis (05/3).

Nelson menjelaskan, kucuran dana tersebut akan dicairkan tiga tahapan, yakni tahapan pertama pada bulan Juli senilai Rp 1,5 Miliar. Kemudian tahapan kedua akan diberikan saat perubahan anggaran senilai 1,5 Miliar, dan tahapan ketiga menjelang pelantikan senilai Rp 500 juta.

“Kerjasama ini dalam rangka pengamanan Pilkada. Dari dana ini, kami harapkan pelaksanaan Pilkada berjalan lancar dan aman,” tutur Nelson.

Selain pihak kepolisian, Pemkab Gorontalo juga telah mengucurkan dana kepada pihak KPU dan Bawaslu.

“Tentunya semua ini dilakukan pesta demokrasi harus dilaksanakan dengan baik. Dimana, Polisi menjamin keamanannya, KPU harus menjamin proses tahapan Pilkadanya, dan Bawaslu harus melakukan pengawasan Pilkada secara baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Gorontalo AKBP Ade Permana mengatakan, pihaknya mendapatkan arahan dari Polda Gorontalo agar menindaklanjuti terkait kerjasama pengamanan Pilkada.

Dalam pengamanan Pilkada nanti, kata Kapolres, pihak kepolisian akan menurunkan dua petugas disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Untuk personel Polres Gorontalo ada 555 anggota. Namun, ini masih kurang untuk melakukan pengamanan. Kami akan menambahkan personelnya dari Mako Polda Gorontalo,” pungkas AKBP Ade Permana. (Adv/Wahyono/Read)