Date:January 17, 2021

Pemkab Gorontalo Dukung Pelatihan Dasar Teater di Pentadio Resort

Pelatihan Dasar Teater

READ.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo mendukung pergelaran pelatihan dasar teater (Peldaster) yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 22 hingga 29 Februari 2020, di objek wisata Pentadio Resort, Telaga Biru.

Kegiatan yang dilaksanakan Teater Peneti Gorontalo tersebut, telah difasilasi dari segi pendanaan hingga fasilitas penunjang lainnya, yang sudah disposisi melalui Dinas Kominfo dan Dinas Pariwisata Kabupaten Gorontalo.

“Pak bupati Gorontalo sudah menyampaikan mendukung penuh kegiatan tersebut, karena kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Komunitas Teater Peneti ini sama halnya dengan misi pak bupati dalam meningkatkan kegiatan kepariwisataan. Melalui pariwisata diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Daerah (PAD),” Jelas Hen Restu Pimbina pada kegiatan Peldaster.

Selain itu, rencananya Bupati Gorontalo akan membuka sekaligus menjadi aktor pada pembukaan Peldaster dengan konsep yang ditawarkan oleh panitia.

Saat ini, Animo masyarakat untuk mengikuti kegiatan Peldaster kali ini sangat luar biasa. Tercatat sebanyak 132 orang yang telah mendaftarkan diri. Peserta Peldaster terbagi menjadi dua kategori yaitu kategori umum dan kategori pelajar.

Untuk kategori umum para pendaftar berasal dari beragam latar belakang dan profesi. Sementara untuk pelajar hanya mengundang siswa SMU se provinsi Gorontalo. Pelajar SMU nantinya akan di damping oleh satu orang guru setiap sekolah yang mengirimkan siswanya untuk mengikuti kegiatan ini.

Ketua Panitia Peldaster Hamdan Karim, mengatakan pemateri kegiatan Peldaster nantinya, selain berasal dari aktor senior Teater Peneti, panitia juga menghadirkan pemateri dari luar Gorontalo, yaitu Djamal Dilaga, seorang sutradara dan aktor teater dari sanggar Merah Putih Makassar untuk materi keaktoran.

“Pada acara pembukaan nantinya akan dikemas dengan cara yang tidak biasa. Kemasan pembukaan Peldaster Peneti tahun 2020 ini akan menghadirkan konsep teatrikal,” ujar Hamdan.

Untuk materi perfileman panitia peldaster menghadirkan Ahmad Ijtihad dari Yayasan Pasir Putih Lombok Utara. Sementara materi olah tubuh, nantinya akan di isi oleh DR. Rianadiah Sitharesmi, seorang penari lulusan ISI Jogya dan London Inggris serta Filsafat UGM.

Kemudian, materi manajemen seni akan difasilitasi oleh Trubus Semiaji,seorang seniman senior Jogya yang saat ini mengabdikan diri sebagai dosen di Sendratasik Universitas Negeri Gorontalo.
(Adv/Wahyono/RL/Read)