Date:January 21, 2021

Pemkab Gorontalo Ciptakan Makanan Khas, Melalui Bahan Pangan Lokal

Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar Lomba Cipta Menu, melalui bahan pangan lokal untuk menciptakan makanan Khas Gorontalo, Selasa (23/4) di Gedung Kasmat Lahay, Limboto.

Kadis Ketahanan Pangan Nani Mokodongan, mengatakan bahwa lomba cipta menu makanan tersebut sudah melalui beberapa kali tahapan seleksi.

“Mulai dari seleksi tingkat desa, kecamatan dan hari ini tingkat Kabupaten. Selanjutnya yang lolos dari seleksi tingkat desa dan kecamatan itu, adalah yang mengikuti kegiatan hari ini,” ujar Nani.

Menurutnya selain untuk melombakan, hal tersebut dilakukan oleh pemerintah daerah dalam rangka mendorong pentingnya mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA).

Sementara itu, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengatakan bahwa ada beberapa hal yang harus tercipta dari terlaksananya kegiatan Lomba Cipta Menu tersebut, yakni ivovasi dan kolaborasi antar semua pihak yang terkait.

“Syukulah kegiatan tahun ini syarat dengan kreativitas, baik itu menu makanannya, jenis bahannya, termasuk juga minumannya, dan kolobarasi minuman seperti pinahong dan kelapa,” katanya.

Ia berharap output dari kegiatan tersebut dapat tersebar secara luas kemasyarakat, meingingat produksi dasarnya melalui bahan pangan lokal.

Pada kesempatan itu pula Bupati Gorontalo mengintrusikan untuk dibuatnya buku mengenai hasil cipta menu makanan tersebut.

Sebelumnya, Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo Fory Naway, dan Peserta lomba dari ketua-ketua TP-PKK Kecamatan, diantaranya wilayah Boliyohuto, Batudaa, Telaga, Tibawa serta Limboto

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *