Date:October 30, 2020

Pemberontak Syiah Houthi Dukungan Iran Kembali Tembakan Rudal Ke Arab Saudi

Syiah Houthi

READ.ID- Kantor berita Arab Saudi melaporkan serangan kelompok Syiah Houthi kembali terjadi. Kali ini ke sebuah desa di Jazan berakibat melukai lima orang warga sipil. Kelompok pemberontak Yaman yang didukung Pemerintahan Syiah Iran itu melepaskan tembak rudal ke arah Arab Saudi. Serangan ini merupakan yang kesekian kalinya dari kelompok pemberontak Syiah yang disokong Iran.

Pada Ahad (20/9) kantor berita SPA mengutip juru bicara pertahanan warga sipil. Orang itu mengatakan ada tiga mobil yang rusak di perbatasan desa. Kawasan ini porak poranda.

Sebanyak lima orang warga sipil mengalami luka ringan karena pecahan benda tajam. Belum ada konfirmasi resmi serangan tersebut dilakukan oleh kelompok pemberontak Syiah Houthi yang dijadikan proxy Iran untuk melawan Arab Saudi selama lima tahun terakhir. Iran juga mendukung Pemerintahan Syiah di Suriah dan kelompok pemberontak di Jalur Gaza.

Kelompok tersebut kerap menembakan rudal ke kota-kota Arab Saudi tapi sebagian besar rudal tersebut berhasil dicegat. Arab Saudi berperang melawan Houthi sejak koalisi yang dipimpin kerajaan melakukan intervensi di Yaman.

Arab Saudi ingin mengembalikan pemerintahan di Sana’a yang Houthi gulingkan pada tahun 2014 lalu. Yaman sejak dipengaruhi oleh kelompok.Syiah Houthi yang disokong Iran berubah menjadi medan perang terbuka. Sementara Arab Saudi berharap Yaman kembali stabil seperti dulu.