Date:October 20, 2020

Pasen 01 dan 04 Covid-19 di Gorontalo Dinyatakan Sembuh

READ.ID – Juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 provinsi Gorontalo, Triyanto Bialangi menyebut, dua pasien covid-19 yakni 01 dan 02  dinyatakan sembuh dan hari ini akan kembali ke rumah.

Untuk Pasien 01 dinyatakan sembuh setelah dilakukan dua kali swab test. Dimana Pada tanggal 20 April 2020 lalu hasil swabnya negatif. Kemudian pada hari ini terkonfirmasi hasil swabnya dari Balitbangkes RI terkonfirmasi negatif.

Pasien 01 dirawat selama 42 hari di rumah sakit Aloei Saboe dan hari ini akan dipulangkan ke rumahnya. Sesuai hasil dua kali pemeriksaan swabnya telah dinyatakan negatif,” ucap Triyanto melalui konferensi pers di kantor dinas kesehatan provinsi Gorontalo, Jumat, (08/5) siang.

Seperti diketahui, pasien 01 laki-laki  berumur 52 tahun itu asal desa Tumbihe, kecamatan Kabila, kabupaten Bone Bolango. Ia merupakan jemaah tabligh alumni Ijtima Gowa yang dinyatakan positif berdasarkan hasil swab test pada Kamis 9 April 2020 lalu. Artinya, Pasien 01 adalah orang yang pertama terinfeksi virus corona di Gorontalo.

Sementara pasien 04 juga terkonfirmasi sembuh. Pasien 04 adalah laki-laki 28 merupakan warga Lemito, Kabupaten Pohuwato. Pasien adalah klaster Itjma Ulama Gowa. Bersangkutan telah dilakukan dua kali pemeriksaan swab test yakni pada tanggal 20 April terkonfirmasi negatif. Kemudian pada hari ini juga terkonfirmasi negatif.

Meski pasien 01 dan 04 telah sembuh, kata Triyanto, pasien akan menjalani karantina mandiri selama 14 hari di rumahnya mereka masing-masing.

“Kita terus pantau kondisi mereka selama karantina mandiri di rumahnya.  Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk memberikan dukungan moril kepada pasien yang sudah dinyatakan sembuh,” tuturnya.

Hingga saat ini, jumlah kasus positif covid-19 di provinsi Gorontalo tercatat 19 orang, dirawat 10 orang, sembuh 8 orang, meninggal 1 orang. (RL/Read)