Date:November 26, 2020

Pasangan SMS Targetkan Pariwisata di Pohuwato Berstandar Internasional

Pariwisata Pohuwato

READ.ID – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato, Saipul A Mbuinga-Suharsi Igirisa (SMS) menargetkan pariwisata di Pohuwato berstandar internasional.

Saipul A Mbuinga mengatakan Pohuwato memiliki banyak potensi wisata. Mulai dari pantai, pulau, budaya, flora dan fauna. Terlebih wilayah Torosiaje yang sangat berpotensi untuk dikembangkan.

“Dan ini masuk dalam program strategis SMS ketika terpilih nanti,” kata calon Bupati Pohuwato itu.

Pasangan nomor urut empat ini juga mencantumkan pengembangan wisata masuk dalam program strategis mereka.

Strategi pengembangan ini, kata Saipul, akan berorientasi pada peningkatkan kualitas objek wisata, sehingga mampu dikenal dan mendatangkan wisatawan nasional maupun internasional.

Dirinya menjelaskan Kabupaten Pohuwato memiliki kawasan hutan yang sangat luas, garis pantai yang cukup panjang, dan juga telah memiliki potensi pariwisata yang sebelumnya sudah dikembangkan.

Diantaranya, Kampung Torosiaje yang berdiri di atas laut. Kemudian, Pulau Maruanga Torosiaje, Pulau Lahe, Pantai Pohon Cinta, air terjun pancakarsa di Taluditi, dan Molombunaye Dive Sport.

“Masih banyak lagi spot pariwisata yang harus dikembangkan dan ditingkatkan. Ini kalau kita tingkatkan lagi pengembangan potensi pariwisata, maka akan menimbulkan efek positif di sektor ekonomi masyarakat,” tutur Saipul.

Efek positif dari hal tesebut, menurutnya, tidak hanya pada bidang pariwisatanya saja. Akan tetapi, juga berdampak pada peningkatkan ekonomi masyarakat di wilayah sekitar, khususnya, di Pohuwato dan Gorontalo.

“Kita gambarkan masyarakat dapat menjadikan rumahnya sebagai home stay bagi wisatawan, menjual oleh-oleh khas setempat, ataupun menjadi pemandu wisata,” ujarnya.

Ia mengungkapkan pengembangan wisata ini akan memperlancar roda perputran ransportasi, baik dalam penerbangan hingga transportasi darat.

“Tentu itu akan menggairahkan semua. Insyaallah ekonomi masyarakat Pohuwato bisa naik tinggi,” tutur Saipul yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Pohuwato.

Hal senada dikatakan calon Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa. Ia menuturkan Pohuwato juga memiliki potensi pariwiasata lainnya, seperti wisata burung Maleo.

Burung Maleo khas Sulawesi dilestarikan di cagar alam Panua. Saat ini wisata tersebut terus diletarikan dengan home stay untuk memberikan fasilitas kenyamanan bagi para wisatawan.

“Pengembangan pariwisata ini akan menggerakkan sektor ekonomi dan membantu ekonomi keluarga, sehingga terwujudnya keluarga sejahtera,” kata Suharsi.

(RL/Read)