Date:January 21, 2021

Normalisasi DAS di Desa Bonepantai Dinilai Perlu Penanganan Khusus

READ.ID – Normalisasi Aliran Sungai (DAS) di Desa Bonepantai, Kabupaten Bone Bolango dinilai perlu penanganan khusus.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo  Faisal Hulukati saat melakukan peninjauan di wilayah setempat, Jumat (14/08/2020).

“Agar normalisasi yang akan dilakukan tidak akan berulang-ulang, dan melihat juga alur sungainya sudah meluas sampai di pemukiman dan perkantoran. Maka penanganannya harus dilakukan secara khusus,” katanya.

Menrutnya, normalisasi sungai menjadi tanggung jawab dari Balai Wilayah Sungai (BWS). Oleh karena itu, BWS pun diminta agar dapat menyelesaikan masalah banjir yang sering terjadi di Bone Bolango.

Dirinya harus ada perencanaan yang mapan dari pihak BWS untuk menangani aliran sungai yang sudah meluas.

Kemudian, perlu ada langkah-langkah khsusus yang diambil untuk penangan banjir, karena bencana banjir di Desa Tombulilato sudah sering terjadi.

Selain itu untuk perbaikan kerusakan jembatan yang juga rusak akibat terjangan banjir, menurut Ismail perlu ada koordinasi yang baik antara penanggung jawab aliran sungai dan juga penanggung jawab jembatan.

“Untuk perbaikan jembatan yang rusak perlu ada koordinasi yang baik antara Balai Wilayah Sungai dan juga Balai jalan, misalnya sebelum membangun jembatan perlu dibangun bronjong untuk memperkuat tebing tanah agar sewaktu-waktu terjadi banjir tidak merusak jembatan yang sudah dibangun,” tandas Ismail.

(Aden/RL/Read)