Date:September 28, 2020

Mantan Walikota Gorontalo Hasan Abas Nusi Meninggal Dunia

Hasan Abas Nusi

READ.ID – Mantan walikota Gorontalo periode 1978-1983, Hasan abas Nusi meninggal dunia di Bele li Niku, jalan HB jassin, Kota Gorontalo, Sabtu (08/8/2020) sekitar pukul 10.00 Wita.

Almarhum Hasan Abas Nusi meninggal pada usia 83 tahun. Empat hari sebelum meninggal, tepatnya 4 Agustus 2020, almarhum sempat merayakan ulang tahunnya yang ke-83 secara sederhana bersama sanak famili. Almarhum dikarunai 4 orang anak, dan 10 orang cucu.

Sebelum meninggal, tokoh yang turut mendeklarasikan Provinsi Gorontalo, itu lebih banyak beraktivitas di rumah. Kondisi fisik yang menurun di usia senja, membuat almarhum lebih banyak berada di kursi roda dalam tiga tahun terakhir.

Rencananya almarhum akan dikebumikan setelah salat Ashar hari ini.

Hasan Abas Nusi lahir di Desa Pelabuhan, Kecamatan Moutong, Sulawesi Tengah, pada 4 Agustus 1937. Menginjak masa remaja, Almarhum Hasan Abas Nusi sudah datang ke Gorontalo pada tahun 1948. Pada 11 Januari 1964 menikah dengan istri tercinta, Hj Oni Maryam Paudi.

Dilansir dari Hulondalo.id, Hasan Abas Nusi pernah menjadi Kepala Bappeda Sulawesi Utara di masa pemerintahan Gubernur HV Worang. Kemudian Hasan Abas Nusi menjabat Walikota Gorontalo periode 1978-1983.

Setelah itu, Hasan Abas Nusi sempat mengisi posisi di Departemen Dalam Negeri kemudian didaulat menjadi Wakil Gubernur Sulawesi Utara mendampingi Letjen (Purn) EE Mangindaan periode 1995-2000.

Almarhum Hasan Abas Nusi juga menjadi sosok sentral terhadap pembentukan Provinsi Gorontalo Tahun 1999 saat masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

Prof Hasan Abas Nusi Pernah juga Menjabat Wakil Gubernur Sulawesi Utara

Kala itu, Hasan Abas Nusi memilih mendukung penuh pembentukan Provinsi Gorontalo sehingga menghilangkan peluangnya menjadi Wakil Gubernur periode ke dua bersama Gubernur Sulawesi Utara saat itu, EE Mangindaan.

Mengutip tulisan senator Elnino Husain Mohi: “Jabatan Wakil Gubernur hanyalah untuk saya, dan itupun hanya 5 Tahun. Tapi Provinsi Gorontalo untuk umat, seluruh rakyat Gorontalo dan itu selama-lamanya,” kata Hasan Abas Nusi

Mantan Wali Kota Gorontalo itu juga dikenal sebagai tokoh yang menaruh perhatian besar terhadap ilmu pengetahuan dan agama. Ia juga pernah menjabat sebagai PWNU Sulut periode 1992-1997.

(RL/Read/Hulondalo)