Date:January 17, 2021

Mahasiswa KKN UNG di Tolangohula Berikan Pendampingan Pengelolaan Bumdes

KKN UNG

READ.ID – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merdeka Belajar (MB) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) di Kecamatan Tolangohula, memberikan pendampingan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Pendampingan pengelolaan Bumdes dengan tema “Tata kelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes)” itu bertujuan untuk peningkatan kapasitas para pengurus Bumdes di 3 desa yang ada di Kecamatan Tolangohula.

Diantaranya, Desa Lakeya, Desa Tamaila, dan Desa Gandaria. Program itupun digagas oleh mahasiswa KKN yang ada ditiga desa tersebut.

Kegiatan itu rutin dilakukan. Bahkan, telah dimulai dengan sosialisasi pada Kamis (22/10/2020) di Kantor Desa Lakeya Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo.

Emilia Parman selaku tim ahli Kabupaten Gorontalo memberikan apresiasi kepada mahasiswa KKN MB sekaligus mendukung penuh seluruh kegiatan tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi pendampingan Bumbes dari Mahasiswa KKN MB UNG, dan kami berharap pengurus Bumdes dapat memahami tata kelola Bumdes yang baik,” kata Emilia, Kamis (26/11/2020).

Sementara itu, salah satu mahasiswa KKN MB Desa Tolangohula Stela Mato mengatakan pemberian pendampingan tersebut rutin dilakukan sampai saat ini sebagai upaya peningkatan SDM para pengurus Bumdes.

“Sampai saat ini, pendampingan pengelolaan Bumdes tetap kami lakukan, dan semoga bermanfaat bagi ketiga desa tersebut agar lebih berkembang lagi,” tandas mahasiswa jurusan Agribisnis UNG itu.

(RL/Read)