Date:October 21, 2020

Lima Tahun Menabung, Penjual Ikan Sagela di Gorontalo Naik Haji

READ.ID – Yusuf Huju (80) dan Kartin Maksum (60) adalah pasangan suami istri berprofesi sebagai penjual ikan sagela di Gorontalo yang berhasil menunaikan ibadah haji atas usaha mereka.

Pasangan yang sudah lanjut usia (Lansia) asal Kabupaten Bone Bolango tersebut tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 34 Jemaah Calon Haji asal Provinsi Gorontalo yang sesuai jadwal akan bertolak ke Jeddah pada 31 Juli 2019.
Menurut Kartin keberhasilan ia dan suaminya untuk menunaikan rukun Islam ke lima tersebut tidaklah mudah.
“Sudah dari lima tahun lamanya kami menabung atas usaha ini dan juga dibarengi dengan niat serta doa,” tutur Kartin saat ditemui di Karantina Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Gorontalo, Selasa (30/7/2019).
Menurutnya, niat untuk berangkat ke tanah suci sudah sejak lama mereka impikan. Selain itu, ia mengaku sudah memiliki firasat yang kuat akan menjadi tamu Allah di Mekkah.
“Bapak juga sakit-sakitan. Tapi saya bilang sama bapak insya Allah kita akan segera dipanggil oleh Allah ke tanah suci,” kata Kartin sembari meneteskan air mata.
Ia mengaku sebenarnya sanak saudara dari masing-masing pasangan lansia itu sangat berkeinginan untuk membantu mereka.
“Alhamdulillah saya bilang sama kakak saya, pokonya hasil keringat lelah bersama suami saya yang ingin dijadikan modal berangkat haji,” ujar dia.
Dia menambahkan bahwa mereka tidak hanya menjual ikan sagela namun juga ikan Teri dan ikan Asin yang biasa dipasarkan di pasar tradisional di Kecamatan Suwawa, (Kamis sampai Minggu).
“Dari usaha kami ini, kami melakukan pendaftaran sejak 2016. Alhamdulillah sekarang bisa juga berangkat, insya Allah menjadi haji yang mabrur dan selalu ditambahkan rezekinya,” ujarnya. (Aprie/RL/Read)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *