Date:September 19, 2020

Leonardy Harmainy Terpilih Menjadi Ketua PB LEMKARI Periode 2020 – 2024

LEMKARI

READ.ID- Anggota DPD RI Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa secara aklamasi terpilih menjadi Ketua Umum PB LEMKARI (Lembaga Karate-do Indonesia) periode 2020-2024 menggantikan Yuddy Chrisnandi yang menjabat pada periode sebelumnya. Leonardy terpilih dalam Kongres Lemkari XV Tahun 2020 yang dihadiri oleh Pengurus Provinsi (Pengprov) se Indonesia secara fisik dan virtual. Acara tersebut digelar di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/8).

Dalam paparan visinya, Leonardy ingin LEMKARI menjadi perguruan karate yang bersatu, rukun, berprestasi, bercahaya terang berdasarkan AD/ART dan sumpah karate. “Kita akan tingkatkan kompetensi/kemampuan guru, pelatih, wasit dan juri,” tegas Leonardy yang merupakan Anggota DPD RI asal Sumatera Barat.

Misi Leonardy, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua FORKI (Federasi Olahraga Karate-DO Indonesia) Sumatera Barat Tahun 2006-2011 dan Pembina LEMKARI Sumatera Barat ini adalah meningkatkan kuantitas dojo dan karateka. Selain itu, ia juga menyoroti pentingnya melatih dan mendidik para karateka agar memiliki sopan santun, berkepribadian, dan berprestasi tinggi, membangun keharmonisan, keselarasan, kerukunan, keserasian, keseimbangan, senioritas.

Leonardy juga bertekad menjadikan LEMKARI sebagai perguruan yang baik untuk mengembangkan olahraga seni bela diri dan meningkatkan hubungan dengan pemerintah, pemda, FORKI, KONI, dan perguruan tinggi serta menjadikan Pengprov dan cabang yang kuat, mengakar di daerahnya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Dewan Penasihat LEMKARI, Boy Rafli Amar menyambut gembira atas terselenggaranya Kongres LEMKARI XV Tahun 2020. “Kongres kita pada tahun ini sedikit berbeda dibandingkan dengan kongres-kongres sebelumnya. Harapan saya, walaupun sebagian dari kita tergabung secara virtual namun tidak menghilangkan esensi dan substansi kegiatan kongres demi memenuhi amanah organisasi yang tertuang dalam AD/ART LEMKARI,” ujarnya.

Sekretaris Umum PB LEMKARI periode 2016-2020, Angel Ibrahim berharap agar segala kekurangan dan kelemahan pertanggungjawaban selama masa kepengurusannya dapat dijadikan pelajaran untuk masa yang akan datang. Ia menyebutkan LEMKARI termasuk organisasi keolahragaan yang siap menghadapi tantangan di era pandemi Covid-19.

“Konsolidasi organisasi dibangun tanpa kecurigaan atas mandataris Kongres, sebab modal sosialnya berupa trust telah lebih dahulu ditunjukkan melalui keseriusan dalam pengelolaan organisasi secara transparan dan akuntabel, bahkan terukur dengan mengadaptasi perkembangan dan mengadopsi kemajuan teknologi yang paling mutakhir”, papar Angel.

Angel menyatakan, sebagai organisasi moderen, aspek akuntabilitas atas amanah yang diberikan kepada para pengurus menjadi ukuran terpenting dalam rangka mempertahankan eksistensinya di masa depan. LEMKARI meluncurkan Sistem Informasi Lemkari (Simari) 4.0 yaitu sebuah aplikasi terintegrasi yang menggabungkan fitur dan kemampuan utama seperti portal dan manajemen dojo, manajemen pertandingan, talent and performance management system, pelatihan berbasis online e-learning, dan pengujian kyu dan exam management system.

Sekretaris Jenderal DPD RI, Reydonnyzar Moenek yang turut hadir dalam acara tersebut mengapresiasi kongres yang diselenggarakan secara on-site, dan dipadu dengan on-line. “Semoga kongres ini dapat berjalan lancar dari awal hingga akhir, sehingga menghasilkan kesepakatan yang bersifat membangun dan membesarkan seluruh bagian organisasi” terang mantan PJ Gubernur Sumbar tersebut. Donny Moenek yang juga mantan Dirjen Bina Keuangan Daerah itu, dalam kesempatan Kongres tersebut menerima penganugerahan sabuk hitam kehormatan tingkat DAN III dari LEMKARI.*