Legenda Argentina Diego Maradona Meninggal Dunia

Diego Maradona

READ.ID – Legenda Argentina, Diego Maradona meninggal dunia. Pria berusia 60 tahun tersebut dinyatakan meninggal dunia pada Rabu (25/11/2020) malam tadi.

Kabar ini datang dari media asal Amerika Selatan, Clarin. Sang legenda diketahui menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit.

Diego Maradona dikabarkan mengalami serangan jantung saat sedang berada dirumahnya. Permasalahan ini sudah cukup sering menghampiri dirinya dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini.

Sementara itu, presiden UEFA Aleksander Čeferin mengatakan keheningan satu menit akan dilakukan menjelang semua pertandingan Eropa pekan ini untuk menghormati pemain Argentina itu.

“Dia akan tercatat dalam sejarah sebagai seseorang yang menghidupkan sepak bola dan menggetarkan penggemar tua dan muda dengan kecerdasan dan keterampilannya,” kata saideferin dalam sebuah pernyataan.

Pada bulan lalu, ia sempat menjalani operasi pembekuan darah di otaknya. Operasi tersebut berlangsung sukses dan sang legenda diperbolehkan pulang dua pekan sebelum dinyatakan meninggal dunia.

Dokter neurologis yang menangani operasi Maradona, Leopoldo Kuque menyatakan Maradona mengalami perkembangan yang baik setelah operasi dilakukan.

Maradona Berpulang

Kabar duka ini juga sudah dikonfirmasi secara langsung oleh pengacara pribadi Maradona, seperti yang dikutip dari Daily Mail.

Kabar ini menyebar ke seluruh dunia dan sejumlah kalangan mulai menyampaikan ucapan turut berbelasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan.

Menurut seorang jurnalis, Cesar Luis Merlo, dokter telah berusaha untuk menyelamatkan nyawa sang legenda. Namun semuanya terlambat. Dunia sepak bola telah kehilangan salah satu mantan pemain terbaiknya.

Maradona meninggalkan kursi kepelatihannya di Gimnasia De La Plata. Seperti yang diketahui, Maradona masih sempat berstatus sebagai pelatih klub yang sekarang berpentas di Argentine Primera Division tersebut sejak tahun 2019.

Pencetus Gol Tangan Tuhan

Karir Maradona dalam dunia kepelatihan tidak bisa dikatakan mentereng. Ia tidak pernah bertahan lama di sebuah klub dan telah menukangi tujuh tim, termasuk Timnas Argentina pada tahun 2008 hingga 2010 lalu.

Publik mengenalnya sebagai legenda di atas lapangan hijau. Sebanyak 312 gol berhasil ia ciptakan dari 588penampilan bersama tujuh tim yang berbeda, mulai dari Barcelona, Napoli, Sevilla hingga Boca Juniors.

Maradona meraih 12 gelar dari berbagai ajang, baik pada level klub dan internasional, selama berkarir sebagai pesepakbola profesional. Yang paling bergengsi jelas gelar Piala Dunia yang ia persembahkan buat Argentina di tahun 1986 lalu.

Pada babak perempat final, Maradona mencatatkan dua gol bersejarah ke gawang Inggris. Salah satunya ‘Gol Tangan Tuhan’, di mana Maradona beruntung mampu mencetak gol menggunakan tangannya.

(Read/Daily Mail)