Date:October 30, 2020

Kunker di Gorontalo, Menteri Desa PDTT Disambut Adat Mopotilolo.

Menteri Desa di Gorontalo

READ.ID – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar disambut secara adat Mopotilolo di Bandara Djalaludin Gorontalo, Jumat (18/9/2020).

Upacara adat Mopotilolo dilaksanakan untuk menyambut pejabat yang baru pertama kali mengunjungi Provinsi Gorontalo. Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat dari lima negeri adat Gorontalo.

Mopotilolo diawali dengan penyambutan Mendes PDTT di pintu gerbang adat menuju ruangan VIP terminal lama Bandara Djalaludin. Penyambutan yang dihadiri Wakil Gubernur Idris Rahim dan Rektor Universitas Negeri Gorontalo, Eduart Wolok itu diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo.

Setibanya di ruangan VIP, prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat kepada Menteri. Prosesi mopotilolo dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan kepada Mendes PDTT bersama rombongan selama berada di Gorontalo.

Siang ini, Halim Iskandar diagendakan akan mengunjungi Universitas Negeri Gorontalo untuk bersilaturahmi dengan Civitas Akademika UNG dan akan dilanjutkan dengan silaturrahim dengan Kepala Dinas PMD dan Pendamping Desa se Gorontalo.

“Selain itu Menteri Desa PDTT direncanakan meluncurkan FORPEACE (Forum Pemuka Masyarakat Cinta Desa) di Desa Banuroja Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato pada tanggal 19 September besok,” kata Rektor Universitas Negeri Gorontalo Dr. Eduart Wolok.

Agenda peluncuran FORPEACE ini dirangkaikan dengan pelaksanaan Hari Perdamaian Internasional.

Kunjungan Mendes PDTT di Provinsi Gorontalo akan berlangsung selama 3 hari sampai dengan 20 September 2020.

(Adv/RL/Read)