Date:October 23, 2020

KPU Provinsi Gorontalo Paparkan Pengelolaan Data Pemilih Secara Nasional

Pengelolaan Data Pemilih

READ.ID – Terbaik dan tercepat dalam pengelolaan data pemilih, Komisioner KPU Provinsi Gorontalo Sophian Rahmola selaku Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, diberi kesempatan memaparkan secara nasional pengalaman kerja mengolah Data Pemilih Pilkada 2020.

Meski bekerja ditengah Pandemi COVID-19, Provinsi Gorontalo memaksimalkan tanggungjawab tersebut dengan hasil data pemilih yang maksimal dan tercepat dalam penggunaan aplikasi e-Coklit.

Rapat Koordinasi Evaluasi Penyusunan DPS dan persiapan penetapan DPT Pilkada 2020, yang dipimpin langsung oleh Anggota KPU RI Viryan Aziz memberikan kesempatan ke Gorontalo dalam memaparkan pengalaman mengelolah data pemilih.

Rakor evaluasi DPS tersebut juga diikuti oleh KPU Provinsi, se-Indonesia yang melaksanakan Pilkada 2020, serta serta Admin/Operator SIDALIH.

Selain Gorontalo, Provinsi Jawa Barat tercepat kedua dan Sulawesi Utara tercepat ketiga pengingputan data ke SIDALIH, diberikan kesempatan memaparkan pengalam kerja mengelolah data pemilih Pilkada 2020.

Sophian Rahmola ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut mengatakan, secara nasional Provinsi Gorontalo tercepat dalam pengelolaan aplikasi.

“Kami di Gorontalo menggunakan aplikasi e-coklit, sangat membantu ke validan data, terbukti data yang di unggah ke SIDALIH, Gorontalo tercepat pertama se-Indonesia,” kata Sophian Rahmola.

Ia menambahkan melalui aplikasi ini, data ganda, anomali dan kevalidan data sudah terverifikasi dan terkonfirmasi maksimal.

Pun demikian dirinya berharap ada koreksi atau masukan dari masyarakat terhadap penetapan DPS yang sudah diumumkan oleh KPU di tiga kabupaten di Provinsi Gorontalo, yang melaksanakan Pilkada 2020.

“Kami berharap semua warga yang sudah punya hak pilih, baik di Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Pohuwato terdaftar sebagai pemilih,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga dirinya menyampaikan terima kasih kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang tetap menjalankan aktivitas Coklit meskipun ditengah Pandemi COVID-19, juga kepada operator SIDALIH.

Sebelumnya Komisioner KPU RI Viryan Aziz saat berkunjung ke Gorontalo (25/8) mengapresiasi Gorontalo, dimana menjadi salah satu daerah yang pengelolaan Data Daftar Pemilih terbaik 2020.

“Gorontalo salah satu Provinsi terbaik dalam pengelolaan daftar pemilih. Maka kami ingin mengapresiasi hal tersebut dengan memastikan yang sudah baik menjadi semakin baik,” Kata Viryan, (25/8).