Date:January 18, 2021

KPU Provinsi Gorontalo Monitoring hari Terakhir Penyerahan Dukungan Perseorangan

KPU Provinsi Gorontalo

READ.ID – Komisioner KPU Provinsi Gorontalo monitoring hari terakhir penyerahan dukungan syarat calon bupati dan wakil bupati, lewat jalur perseorangan.

Anggota KPU Provinsi Gorontalo Sophian Rahmola, ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa, dirinya bersama komisioner Selvi Katili, mendapat bagian di KPU Bone Bolango.

“Kami datang dan mengecek kesiapan dari KPU Bone Bolango, sudah sejauh mana proses penyerahan berkas dukungan syarat calon bagi perseorangan, sebab hari ini adalah hari terakhir penyerahan dukungan,” Kata Sohian Rahmola.

Sophian menambahkan, sejauh ini, sudah ada dua pasangan calon perseorangan yang menyerahkan dukungan syarat calon, pertama yaitu Kilat Wartabone-Syamsir Kiyai dan pasangan Ismet Mile-Sukandi Talani.

Namun untuk pasangan calon Ismet Mile-Sukandi Talani, masih dilakukan penelitian dokumen yang diserahkan.

Sementara itu, di KPU Pohuwato sendiri, dimonitoring langsung oleh Ketua KPU Provinsi Fadliyanto Koem dan anggota KPU Ramli Ondang Djau.

“Mengingat ada 3 daerah yang melaksanakan Pilkada di Gorontalo, maka kami sudah membagi tim, saya bersama pak Fadliyanto Koem, mendapat bagian di KPU Pohuwato,” Kata Ramli O Djau.

Sampai dengan saat ini, lanjut Ramli, sejak dibuka jadwal penyerahan dukungan syarat calon, sudah ada empat Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati yang memasukkan syarat dukungan calon ke KPU Pohuwato.

Yaitu, Amin Haras-Zunaidi Z. Hasan, Ibrahim Bouty-Miswar Yunus, Hamdi A – Zairin T.M, dan Yusuf Mbuinga-Ismail Abas. Namun pasangan calon Yusuf Mbuinga-Ismail Abas untuk saat ini, masih dalam proses penilitian dokumen syarat calon.

“Sejauh ini masih satu pasangan calon yang belum menyerahkan dukungan syarat calon, yaitu pasangan calon Salahudin Pakaya-Vicky Prasetyo,” ungkap Ramli.

Pihaknya masih akan tetap menunggu hingga pukul 24.00 nanti, mengingat pasangan calon tersebut sudah mengambil username dan password untuk penginputan data lewat aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Sementara untuk KPU Kabupaten Gorontalo, anggota KPU Provinsi Gorontalo Hendrik Imran mengatakan sejauh ini dari hasil monitoring, belum ada pasangan calon yang menyerahkan syarat dukungan calon.

“Memang tidak ada calon yang meminta username dan password aplikasi Silon, namun kami sudah meminta KPU Kabupaten Gorontalo untuk tetap menunggu hingga pukul 24.00 wita,” Kata Hendrik Imran. (RL/Read).