Date:October 29, 2020

KPU Pohuwato Verifikasi Berkas Pendaftaran Bapaslon

Verifikasi Berkas Calon

READ.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato verifikasi berkas dari para bakal pasangan calon (Bapaslon) yang telah memenuhi syarat, Selasa (08/9.2020).

Empat berkas pendaftaran Bapaslon yang di verifikasi KPU masing-masing bakal calon Ibrahim Bouti, Miswar Yunus, Hamdi Alamri, Zairin T.D. Maksud, Saipul A. Mbuinga, Suharsi Igirisa, Iwan Sjafruddin Adam dan bapaslon Zunaidi Z.

Tahapan verifikasi tersebut tertuang dalam Keputusan KPU nomor 394/PL.02.2-Kpt/06/KPU/VIII/2020 yang menyebutkan bahwa, ada dua dokumen bakal pasangan calon (Bapaslon) yang sangat penting, yakni syarat pencalonan dan syarat calon yang kesemuanya telah dinyatakan lengkap saat pendaftatan.

“Saat pendaftaran, empat Bapaslon ini dokumen pencalonan dan syarat calon lengkap. Sudah diterimakan berita acara pendaftaran, tanda terima model TT.1-KWK dan lampirannya, serta surat pengantar ke Rumah Sakit untuk pemeriksaan,” ujar Ketua KPU Pohuwato, Rinto W. Ali.

Lebih lanjut, Ketua KPU menjelaskan jika saat ini Tim Pokja KPU Pohuwato sedang melakukan verifikasi kembali atas dokumen itu untuk menentukan apakah persyaratan itu sah.

“Nah, saat ini masuk ke tahapan verifikasi keabsahan dokumen syarat Bapaslon yang dijadwalkan dari tanggal 6 hingga 12 September nanti. Olehnya, saat verifikasi ini baru kita tahu apakah syarat Bapaslon Bupati & Wakil Bupati ini memenuhi syarat atau tidak,” imbuhnya.

Sementara itu, Anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan, Iskandar Alulu mengatakan bahwa setelah KPU memverifikasi keabsahan dokumen, pihaknya akan memberitahukan kepada LO (Liaison Officer) masing-masing Bapaslon agar memperbaiki kekurangannya.

Kesempatan memperbaiki dokumen dari tanggal 13 hingga 14 September. Selanjutnya penyerahan dokumen perbaikan syarat calon ke KPU dilaksanakan antara tanggal 14 hingga 16 September 2020, untuk diverifikasi kembali hingga tanggal 22 September.

“Kami berharap LO Bapaslon selalu berkomunikasi dengan kami melalui ruang konsultasi Helpdesk sebelum penetapan calon pada 23 September 2020 nanti,” ujar Iskandar.

(Dodi/RL/Read)