Date:September 21, 2020

KPU: Pemilih Pohuwato Naik 2,5 Persen Dibanding DPT Pileg 2019

Pohuwato Pemilih

READ.ID – Anggota KPU Kabupaten Pohuwato Firman Ikhawan Divisi Perencanaan Data dan Informasi mengatakan bahwa jumlah Pemilih di daerah itu naik sekitar 2,5 persen jika dibandingkan dengan jumlah Pemilih saat Pileg 2019.

“Jika dibandingkan dengan Pileg 2019, Pemilih Pohuwato pada Pilkada 2020 naik sekitar 2,5 persen,” kata Firman, Senin, usai menggelar rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada 2020.

Berdasarkan hasil pleno KPU Pohuwato menetapkan DPS Pohuwato sebanyak 102.540 orang, terdiri dari Laki-laki 51.724 orang dan perempuan 50.816 orang yang tersebar di 13 Kecamatan, 104 Desa/Kelurahan di 305 TPS.

Ia menjelaskan, kenaikan jumlah pemilih ini dikarenakan adanya Pemilih Pemula seperti yang baru berumur 17 tahun sebelum hari pemungutan suara pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Selain itu juga ada pensiunan TNI-Polri serta pemilih yang pindah atau orang yang datang dan sudah menetap di Kabupaten Pohuwato,” jelasnya.

Masyrakat dapat mengecek apakah sudah terdaftar sebagai pemilih pada Pilkada 2020 di https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/, atau lewat aplikasi Android CekHPmu.

“Bila ada saran terkait perubahan data atau datanya tidak sesuai, silahkan menggunakan aplikasi tersebut, bisa juga melalui PPS, PPK atau datang langsung ke KPU,” ungkapnya.

Namun harus dilengkapi dengan identitas diri, dan data yang ingin disampaikan, karena nanti masih ada tahapan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Rapat Pleno penetapan DPS dihadiri langsung oleh KPU Provinsi Gorontalo, Disdukcapil Kabupaten Pohuwato, Bawaslu Pohuwato dan tim kampanye dari 4 Bakal Pasangan Calon. (Read.id)