Date:October 22, 2020

KPU Kabupaten Gorontalo Terus Maksimalkan Persiapan Pengamanan Pikada

Pengamanan Pilkada

READ.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo terus memaksimalkan persiapan pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020.

Dalam mewujdukan pemaksimalan pengamanan Pilkada tersebut, Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Rasid Sayiu terus mengkoodinasikan masalah keamanan ini dengan pihak kepolisian dan TNI.

Seperti yang dilakukan Rasid Sayiu pada Senin (21/09/2020). Pada kesempatan itu, pihaknya bersama Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Akhmad Wiyagus dan Danrem 133/NWB Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito mendiskusikan persoalan pengamana Pilkada.

“Kami secara intens terus berkoordinasi dengan TNI/Polri, juga mengenai protokol kesehatan sudah kami buat tata tertibnya. Saat pendaftaran kemarin pun sudah dilaksanakan sesuai protokol kesehatan,” katanya.

Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Akhmad Wiyagus mengatkan pihaknya bersama TNI akan memberikan dukungan moril berupa jaminan keamanan selama tahapan Pilkada dan membantu menyukseskannya.

“Kami siap mengawal seluruh tahapan Pilkada agar aman, damai, demokratis, dan sehat,” ujar Wiyagus.

Wiyagus mengatakan situasi pesta demokrasi saat ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19.

Sementara itu, Danrem 133/Nwb Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito mengibaratkan KPU dan Bawaslu sebagai pihak penyelenggara sama halnya dengan para bintang film.

“Dalam Pilkada, KPU dan Bawaslu adalah bintang filmnya, karena kedua lembaga ini yang menjadi ujung tombak pelaksanaan Pilkada, sedangkan TNI dan Polri sifatnya memberikan dukungan berupa jaminan keamanan, ” ujar Bagus.

Brigjen Bagus juga mengingatkan agar pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun ini tidak menjadikan episentrum baru Covid-19.

“Kita tidak ingin suksesnya Pilkada justru meninggalkan beban akibat banyaknya masyarakat yang terpapar Covid-19, maka disiplin protokol kesehatan harus terus diperhatikan,” terangnya.

(Aden/RL/Read)