Date:October 30, 2020

KPU Kabupaten Blitar Gelar Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada 2020

Pilkada Kabupaten Blitar

READ.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar melaksanakan Rapat Pleno Tertutup Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Blitar, yang berlangsung di Aula Kantor KPU Kabupaten Blitar, Kamis (24/09/2020).

Kegiatan ini diikuti oleh dua Pasangan Calon (Paslon) yang telah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Blitar, yakni dari petahana Rijanto-Marhaenis dan pasangan Rini Syarifah – Rahmat Santoso.

Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santosa menjelaskan, bahwa dasar Rapat Pleno Tertutup Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Blitar adalah Peraturan KPU Nomer 13 Tahun 2020 atas perubahan ketiga PKPU No.6 tahun 2020, tentang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam covid 19.

“Dan hari ini, Alhamdulillah kita melaksanakan tahapan tersebut dengan lancar, aman dan sehat,” ungkap Hadi, kepada wartawan usai acara, Kamis (24/9/2020).

“Dari hasil pengundian tadi, Paslon Rijanto-Marhaenis mendapat nomer urut 1 dan Paslon Rini Syarifah – Rahmat Santoso mendapat nomer urut 2,” sambungnya.

Lebih lanjut Hadi menjelaskan, bahwa untuk pelaksanaan kegiatan hari ini, pihaknya sangat ketat menerapkan protokol kesehatan. Disamping membatasi jumlah yang mengikuti Poslon hanya 1 penghubung, semua harus menggunakan alat pelindung diri (APD) dengan menggunakan masker, face shield, sarung tangan dan di cek suhu badan sebelum masuk ruangan.

“Hal ini kami lakukan sesuai dengan PKPU terkait pelaksanaan tahapan Pilkada di tengah pandemi covid-19,” tegasnya.

Lebih lanjut Ia menuturkan, setelah tahapan ini, seluruh Paslon Bupati dan Wakil Bupati Blitar akan mengikuti tahapan kampanye. Tahapan ini akan dimulai pada tanggal 26 September 2020.

“Jadi setelah ini, semua Paslon akan mengikuti tahapan kampanye yang dijadwalkan dimulai pada 26 September 2020,” pungkas Hadi.

(Didik/Read)