Date:October 30, 2020

KPU Bone Bolango Ikuti Rakor Bahas Uji Publik DPS

KPU DPS

READ.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango mengikuti rapat koordinasi (Rakor) uji publik Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Kegiatan tersebut digelar di Desa Torosiaje, Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato. Pelaksanaan kegiatan selama dua hari yang dimulai sejak 19 – 20 September 2020.

Rakor dibuka langsung Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem serta diikuti KPU Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo, dan Kabupaten Pohuwato.

Anggota KPU Bone Bolango Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Humairoh U. Tipuwo menyampaikan, ada beberapa poin penting yang dihasilkan dari pertemuan itu.

Pertama, PPS, PPK, dan KPU membuat Posko Layanan Lindungi Hak Pilih mulai 22 sampai dengan 28 September 2020 di 165 desa/kelurahan berdasarkan SE KPU RI Nomor 784 perihal Pengumuman DPS dan Persiapan DPT.

“Alhamdulillah, KPU Bone Bolango sudah membuat posko sejak pengumuman DPS  pada 19 September 2020,” ungkap Humairoh.

Uji Publik DPS untuk 3 daerah penyelenggara Pilkada di Provinsi Gorontalo dilaksanakan serentak pada 22 September 2020 di tingkat PPS dengan mengundang PPDP, kepala desa, kepala dusun, serta tokoh masyarakat.

Kemudian, PPS menyampaikan surat pemberitahuan terdaftar kepada pemilih berbasis KK berdasarkan DPS untuk mendapatkan masukan dan tanggapan dengan langsung membawa formulir A.1.A-KWK.

Hal itu akan mulai dilakukan pada 22 September 2020 sampai dengan sebelum berakhir masa pengumuman dan tanggapan masyarakat tanggal 28 September 2020.

Terakhir, pelaksanaan uji publik menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Kemudian, sebelum tahapan pengumuman dan tanggapan masyarakat berakhir, PPS dan PPK menyurat secara resmi ke PDK dan Panwaslih untuk meminta hasil pengawasan berupa masukan dan tanggapan terhadap DPS yang dilampiri A.1.A-KWK

Humairoh juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPU Kabupaten Pohuwato yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut serta mengapresiasi atas prestasi pada pemutakhiran data pemilih.

“Semoga Pilkada serentak tahun 2020 ditiga daerah, aman, lancar, sehat, dan sukses,” kata Humairoh.

Kegiatan itu juga dihadiri Kasubag Program data dan admin Sistem Informasi Data Pemilih, serta anggota Bawaslu Kabupaten Divisi Pengawasan di 3 daerah.

(RL/Read)