Date:January 17, 2021

Kepala Perangkat Daerah Blitar Ikuti Pelatihan Penguatan Layanan Publik

Pelayanan Publik

READ.ID – Sejumlah kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar mengikuti kegiatan Penguatan Inovasi Pelayanan Publik tahun 2020.

Kegiatan Penguatan Inovasi Pelayanan Publik tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar, Rudy Wijonarko, di Ruang Sasana Praja, Kantor Walikota Blitar, Senin (23/11/2020).

Dalam sambutanya, Rudy mengatakan inovasi memiliki nilai strategis dalam meningkatkan pembangunan ekonomi daerah yang sekaligus menciptakan kemandirian dan daya saing daerah.

Sehingganya, pengembangan inovasi itu menjadi gaya rutit untuk meningkatkan kesejehteraan masyarakat.

“Karena saya menyakini, bahwa kreatifitas yang ada ini telah menjadi denyut nadi masyarakat kota Blitar sejak dulu. Untuk itu, potensi yang ada ini tinggal kita garap semaksimal mungkin, yang kemudian akan menjadi kekuatan dan daya dorong untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Kata Rudy, banyak ahli management yang menyatakan inovasi merupakan salah satu jaminan bagi suatu daerah untuk meningkatkan daya saing.

Alasanya, pernyataan tersebut banyak didukung dari hasil penelitiaan atau reset study.

Kemudian, berbagai indikator menunjukan bahwa ketertinggalan dalam hal inovasi atau faktor terkait lainnya bisa menyebabkan sebuah daerah tertinggal perkembangan ekonomi dan kesejahteraan rakyatnya.

“Sehingga saya berharap inovasi bisa menjadi budaya atau kultur dalam segala bidang pembangunan di Kota Blitar. Untuk itu saya menekankan kepada para peserta dapat mengikuti kegiatan ini sampai akhir dengan penuh antusias dan sungguh-sungguh,” harap Rudy kepada peserta.

Selain itu, Sekda kota Blitar itu juga berharap, untuk inovasi yang dipetakan tidak stagnan.

Ia meminta untuk inovasi yang dapat berkembang baik, tidak hanya satu inovasi, akan tetapi inovasi yang tumbuh di mana-mana dan menjadi inspirasi bagi unit kerja yang ada di lingkungan Pemkot Blitar.

“Dengan demikian, saya menekankan kepada para peserta, untuk dapat mengikuti hingga sampai akhir dengan penuh antusias dan sunguh-sunguh. Saya yakin, kita semua memiliki peran tanggungjawab dan potensi untuk berinovasi,” pungkasnya.

(Adv/Hms/Didik/RL/Read)