Date:September 22, 2020

Kemudahan Pengurusan SIPI Diharapkan Tingkatkan Tangkapan Ikan di Gorut

Dedy Dunggio

READ.ID – Kemudahan pengurusan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) yang dikeluarkan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo diharapkan bisa tingkatkan tangkapan ikan di Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut).

Hal ini disampaikan Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Dedy Dunggio, Selasa (16/06).

“Kita harap memang akan memaksimalkan produksi perikanan dengan potensi mencapai 64 ribu ton per tahun. Itu sesuai data dari Dinas Kelautan dan Perikanan,” ucapnya.

Dirinya menjelaskan pengurusan SIPI saat ini tidak perlu lagi memakan waktu lama. Tidak lagi berbulan-bulan untuk mengurus perizinannya.

Kondisi ini dinilai akan berdampak pada bertambahnya jumlah kapal ikan bermesin besar dan nelayan akan semakin termotivasi berlayar lebih jauh untuk produksi ikan berukuran besar, seperti cakalang hingga tuna.

“Izin kapal sering dikeluhkan oleh nelayan khususnya para penerima bantuan kapal Inka Mina atau Mina Maritim dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Namun, sekarang ini tidak lagi seperti itu,” tandasnya.

(Adv/Manto/RL/Read)