Date:January 22, 2021

Kemenristek/BRIN Apresiasi Desa Binaan Universitas Negeri Gorontalo

Universitas Negeri Gorontalo

READ.ID – Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Indonesia (Kemenristek/BRIN) mengapresiasi desa binaan Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Apresiasi ini disampaikan Ketua Tim Monitoring Kemristek/BRIN Eka Gandara saat melakukan kunjungan ke Desa Binaan UNG di Dusun Tumba, Desa Tamaila Utara, Rabu (03/12/2020).

Kunjungan pihak Kemenristek/BRIN yang diwakili tim khusus tersebut dalam rangka melakukan monitoring program desa inovasi yang dilaksanakan di desa tersebut.

Eka Gandara mengatakan khusus tujuan monitoring ini dilakukan untuk memastikan pelaksanaan program desa inovasi telah dilaksanakan pihak Universitas Negeri Gorontalo sampai kepada lokus sasaran yang direncanakan.

“Sasarannya yakni terjadinya akuisisi teknologi oleh masyarakat di Desa Tamaila Utara. Setelah berkunjung ke Dusun Tumba, bertemu dan berdiskusi langsung dengan Camat, Kades, Kadus, pengurus Bumdes serta masyarakat di sana, kami optimis bahwa program ini dapat berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Menurutnya, keberadaan program desa diharapkan bisa membangun kapasitas inovasi untuk kehidupan yang berkelanjutan.

Misalnya dengan melalui penerapan teknologi tepat guna, pengembangan infrastruktur pedesaan, serta terbangun juga sinergitas antarakomunitas masyarakat, dunia usaha, akademisi, dan pemerintah.

Dalam kesempatan tersebut Eka memberikan apresiasi serta penghargaan kepada Rektor UNG, dan berbagai pihak lainnya yang telah membangun dan memperlihatkan komitmen tinggi untuk mensukseskan program ini.

“Terima kasih kepada berbagai pihak terutama UNG, atas dedikasi yang tinggi. Kepada masyarakat dirinya memastikan, ke depan masih banyak lagi pelatihan yang dilakukan UNG, sebagai bagian dari program ini,” tandasnya.

(SAS/RL/Read)